Terungkap, Ini Penyebab Parpol Lambat Mendaftar ke KPU Sulbar

On Minggu, Juli 15, 2018

MASALEMBO.COM

Komisioner KPU Sulbar Said Usman (tiga ke kanan) saat diskusi kepemiluan (egi/masalembo.com)


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Keterwakilan calon perempuan menjadi salah satu kendala lambatnya pendaftatan partai politik ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal itu terungkap pada diskusi kepemiluan dan nonton bareng final piala dunia yang diikuti penyelenggara Pemilu dan partai politik, Minggu (15/7) di kantor KPU Sulbar, Mamuju.

Ketua Badan Hukum DPD partai Nasdem Sulbar, Andi Toba di kesempatan ini mengatakan, caleg perempuan tak bisa dipungkiri jadi kendala perampungan dokumen pendaftaran caleg ke KPU.

"Ini memang jadi salah satu kendala, keterwakilan perempuan ini," kata Andi Toba

Selain itu, lanjut Toba, pertarungan perebutan nomor urut caleg juga menjadi pemicu lambatnya pendaftaran parpol. 

"Fenomena yang terjadi, ada yang menginginkan dapat nomor-nomor kecil, tapi setelah berproses ternyata dapat nomor buntut, nah akhirnya mereka pindah partai," katanya. 

Sebelumnya KPU Sulbar mengingatkan deadline pendaftaran partai politik ke KPU yang tinggal dua hari, sampai 17 Juli.

Komisioner KPU Sulbar Bidang Teknis Penyelenggara, Said Usman mengaku, dari 16 parpol yang terdaftar belum ada satu pun parpol yang menyerahkan daftar bacalegnya ke KPU Sulbar.

"Menjadi pertanyaan seperti apa kesiapan laki-laki ini, kan yang penting melamar dulu," kata Said Usman, mengibaratkan parpol adalah laki-laki yang akan melamar.

Said mengatakan, partai politik tidak mesti harus melengkapi semua persyaratan, karena penyelenggara akan memberi kesempatan untuk melakukan perbaikan. (har/red)

comments