Keamanan Digital Jadi Materi Workshop Google Internews dan AJI Mandar

On Sabtu, Agustus 25, 2018

MASALEMBO.COM

Peserta workshop antusias ikuti materi dari Google Internews (Asrianto/masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Keamanan digital menjadi salah satu topik workshop yang diselenggarkan Google Internews dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar, Jumat (24/8).

Topik ini membahas bagaimana pengguna internet bisa safety (aman) saat berhadapan dengan dunia siber.

Penyelenggara workshop Edy Junaedi mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat membantu penggunaan internet khususnya media sosial yang kerap dihadapkan pada begitu banyak berita bohong (hoax). Dimana jurnalis sendiri kesulitan melacak darimana sumber informasi itu. Karena itu, AJI Mandar dengan dukungan Google Internews berinisiatif menggelar pelatihan tentang tools-tools yang ada di google.

"Tools-tools di google sudah lama ada hanya saja masih awam karena jarang digunakan sehingga melalui kegiatan ini khususnya internal AJI diajari melacak foto, dan video agar kita dapat mengetahui apakah itu editan atau asli dan motif penyebarannya dapat diketahui jika itu hoax," kata Edy.

Kegiatan workshop ini merupakan rangkaian Google News Initiative Training Network yang diselenggarakan AJI dan Google Internews mulai 24 hingga 26 Agustus di hotel Sinar Mas Kelurahan Wattang, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar.

Hari pertama digelar workshop bertema "Hoax Busting and Digital Hygiene" ini diikuti 45 peserta terdiri dari mahasiswa, umum dan anggota AJI Mandar.

Salah satu trainer google Internews Zainal Ishak menjelaskan workshop tersebut untuk berbagi pengetahuan kepada peserta agar bisa mendeteksi dan bisa mengetahui proses hoax itu bekerja khususnya di media sosial.

"Peserta dilatih mulai dari cara mengenali, mendeteksi dan menggunakan tools yang disediakan google maupun pihak ketiga untuk menangkal hoax" ujar Trainer google Zainal Ishak. (ant/har)

comments