Kepala Bappeda Mateng: RPJMD Harus Sejalan Visi Misi Bupati

On Jumat, Agustus 10, 2018

MASALEMBO.COM

Muhamad Ishaq Yunus, S Ip M Ap (Foto: Jamal Tanniewa/masalembo.com)


MATENG, MASALEMBO.COM -  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang dijabarkan melalui Rencana Strategi (Renstra) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus sejalan dan bersinergi berdasarkan visi-misi Bupati Mamuju Tengah yang dirumuskan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mateng, Ishak Yunus mengatakan, seluruh dokumen perencanaan baik RPJPD, RPJMD, RENSTRA, RKPD dan RENJA SKPD harus sejalan dengan janji bupati yang tertuang pada visi misi sebagai tolak ukur keberhasilan pemerintah daerah. "Seluruhnya harus senafas dan sejalan dengan visi misi bupati," jelas Ishak Yunus ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/8)

Ditegaskan Ishak, konsolidasi internal langkah utama dalam merumuskan rencana Bappeda yang dibentuk sebagai badan yang membantu bupati dalam merumuskan kebijakan daerah. Sebab itu perencanaan pembangunan yang dijabarkan melalui Rencana Strategi (Renstra) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus sejalan dan bersinergi.

"Perencanaannya tidak boleh ada yang berbeda, harus singkron agar searah dengan visi misi bupati," jelasnya.

Mantan Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Mateng ini menambahkan, dalam mencapai tujuan, seluruh program harus bersinergi dan seiring dengan dokumen RPJMD, "Mencapai sasaran pembangunan harus merujuk pada dokumen RPJMD," ucapnya. (jml/har)

comments