SDN Inpres Rimuku, Percontohan Sekolah Berkarakter

On Kamis, September 27, 2018

MASALEMBO.COM

Tim Kemendikbud dari Jakarta di sambut tarian Bosara (awal/masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM -
Sekolah Dasar Inpres Rimuku yang terletak di jalan KS Tubun Kelurahan Rimuku Kabupaten Mamuju ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI sebagai sekolah percontohan di Sulbar. SD tersebut, diklaim telah menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada semua murid.

Hal tersebut terungkat, saat tim dari Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Fasilitator Kemendikbud menyambangi sekolah tersebut, Kamis (27/9) pagi. Rombongan tiba di Mamuju pukul 08.00. Mereka melihat langsung kondisi sekolah yang resmi ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk programkan penguatan pendidikan karakter bagi anak-anak.

"Sudah terlihat jelas bahwa pendidikan di sekolah ini telah memperlihatkan nilai utama PPK yakni religius, nasionalisme, nilai karakter, kemandirian, integritas dan gotong royong," kata Walmah Ni'maturrahma dari Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan RI yang datang dari Jakarta

Kedatangan tim tersebut disambut tarian bosara dari murid SD Inpres Rimuku, disertai pengalungan bunga dan sarung sutra Mandar.

Walmah di kesempatan ini mengatakan, Kemendikbud RI telah mencanangkan gerakan nasional Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di setiap sekolah. Ketentuan itu didasarkan pada diterbitkannya landasan peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 dan turunnya yakni Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang PPK.

Tujuannya kata Walmah menghindari tawuran antar pelajar,pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, kekerasan antar suku,agama dan ras. "Semua yang dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) juga menjadi materi," ujarnya

Dikatakan, Tim PPK telah melakukan sosialisasi ke sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMP. Tim ini telah menyasar 538 sekolah di 34 provinsi yang tersebar di tanah air.

Sementara, Fasilitator Nasional PPK dari Dirjen Kemendikbud, Dyah Sulistyawati mengatakan, tahun 2017 Kepala SD Inpres Rimuku Hj.Sri Andayani Akbar telah mengikuti pelatihan tingkat nasional dan telah dikukuhkan sebagai fasilitator daerah (Fasda) di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulbar,

"Kita berharap peserta PPK yang lain dapat pula menerapkan di sekolah tempat mereka," harapnya. (awl/har)

comments