Intip Persiapan Tes CPNS: Ada Live Skor, Nilai Langsung Dilihat

On Jumat, Oktober 26, 2018

MASALEMBO.COM

Ruang pelaksanaan tes CPNS di gedung gadis Polman. (Asrianto/masalembo.com)

POLMAN, MASALEMBO.COM - Jelang Pelaksanaa Ujian Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar, panitia terus melakukan berbagai persiapan teknis, mulai dari pengadaan sarana komputer, jaringan, dan persiapaan lainya.

Ditemui digedung Gabungan Dinas (Gadis), Pekkabata, Jumat (26/10/2018), lokasi tempat ujian akan digelar ujian, Surahman, Kepala Bidang BKPP Kabupaten Polman mengatakan, persiapan hingga kini sudah rampung 100 persen.

"Alhamdulillah semua komputer telah kami cek dan nyalakan, semuaya sudah siap," ungkapnya.

Panitia menggunakan koneksi jaringan internet dengan sistem lokal house, artinya offline di dalam, tapi nanti server yang connect ke Panselnas BKN pusat.

"Hasilnya nanti akan diumumkan di luar gedung. Nanti ada namanya live skor, jadi kami pasang fasilitas TV di luar gedung untuk melihat nilai pelamar," terangnya.

Untuk ujian CPNS, panitia telah menyiapkan sebanyak 200 unit komputer. Seluruh perangkat komputer ini dipinjam dari berbagai sekolah yang ada di Polman seperti SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMKN 1, SMK YPP Wonomulyo, dan sekolah lainnya. Untuk mengantisipasi padamnya listrik, panitia juga telah menyiapkan mesin genset sebagai antisipasi jika terjadi pemadaman listrik.

Hingga kini, belum ada kepastian jadwal pelaksanaan ujian CPNS. Panitia ujian CPNS kini masih menunggu keputusan dari Badan Kepegawaian Nasional, sambil berkoordiansi dengan kantor regional BKN Makassar.

"Kemarin kami sudah komunikasi dengan BKN, akan disampaikan melalui website atau papan pengumuman yang lain yang bisa di sampaikan kepada peserta. Mungiin paking lambat jadwal akan disampaikan hari Sabtu esok," jelasnya.

Jumlah pendaftar CPNS di Polman sebanyak 2.798 orang, namun setelah dilakukan seleksi berkas yang lulus hanya 2.709 orang, yang tidak lulus berkas 89 orang. Formasi terbanyak itu perawat D3 yang jumlahnya kurang lebih 800, orang dari 33 formasi kuota.

"Kalau melihat jumlah dari pelamar tersebut, itu bisa kami gelar selama hari," katanya.

Ujian tekhnis pelaksanaan ujian CPNS, panitia akan membagi dalam lima sesi, dimana setiap sesinya akan terdiri dari 200 orang. Setiap sesi, peserta akan diberi soal sebanyak 100 soal ujian dan diberi waktu selama 90 menit untuk menyelesaikan soal ujian. 

Pelaksanaan ujian CPNS di Provinsi Sulbar terbagi dua lokasi, yakni di Mamuju dan Polman. Di Mamuju akan melayani tiga kabupaten yakni Pasangkayu, Mamuju Tengah, fan Mamuju, semetara di Polman akan melayani tiga kabupaten lainnya yakni Polman, Majene dan Mamasa. (ant/har)

comments