Permudah Serap Aspirasi, DPRD Mateng Launching Aplikasi Android

On Sabtu, November 10, 2018

MASALEMBO.COM

Ketua DPRD H. Arsal Aras dan Sekkab H. Askary Anwar menggunting pita (Foto: Jamal Tanniewa/masalembo.com)

MATENG, MASALEMBO.COM - Seiring berkembangnya tekhnologi informasi di era digital, Sekretaris Dewan Mamuju Tengah (Mateng) Sakaria K, S Ag menggagas jaringan aspirasi dan pengaduan masyarakat berbasis aplikasi.

Gagasan itu, untuk memberi kemudahan bagi DPRD Mateng yang juga bagian dari tanggung jawab sekretariat untuk menfasilitasi dan memaksimalkan fungsi dewan baik di bidang legislasi, anggaran serta pengawasan. Menurutnya, DPRD juga menerima aspirasi sehingga dianggap perlu membuat sebuah inovasi sistem aplikasi yang dapat diakses melalui android. 

Hal ini dikatakan Sekretaris DPRD Sakaria K, S Ag saat sambutan pada Launching dan Sosialisasi Pengeloaan Aspirasi Masyarakat Berbasis Aplikasi di DPRD Mateng, Jumat (9/11)  

Sakaria menambahkan, anggota DPRD seringkali dihadapkan dengan sejumlah persoalan yang sebagaian aduan masyarakat. Dengan melalui Pambers Dewan yang digagasnya, akan mempermudah tugas dan fungsi DPRD menerima aspirasi.

"Melalui aplikasi android aspirasi dapat diserap lebih efektif," jelas Sakaria.

Kata dia, sistem aplikasi ini merupakan bagian dari gagasan proyek perubahan Diklatpim II pada Badan Pengembangan Sumerdaya Manusia (BPSDM) Makassar yang sedang dijalaninya. 

Sakaria berharap inovasi yang digagas mampu memberi kemudahan bagi masyarakat dan legilator Mateng, juga sebagai akses memicu peningkatan kinerja Setwan.
  
"Gagasan itu sebagai fasilitas, untuk memperlancar aspirasi dan aduan masyarakat melalui aplikasi melalui android. Terkait hal ini, baik dewan, Setwan, atau kelompok yang mewakili suara rakyat tentu harus dapat dipertanggung jawabkan," tegasnya.

Launching dan Sosialisasi yang dibuka secara resmi Sekkab Mateng H Askary Anwar, ditandai pengguntingan pita bersama Ketua DPRD H Arsal Aras didampingi Sekwan Sakaria K, Tenaga Ahli Aplikasi Pambers Dewan Adam M Tanniewa, Kepala Kemenag Mateng H Mahmuddin sejumlah anggota DPRD, Pimpinan OPD, Camat, Tokoh Agama, Pemuda, Kepala Desa serta LSM. (jml/har)

comments