2019, Ulumanda Dapat Anggaran Perbaikan Jalan Rp 9 Miliar

On Sabtu, Desember 08, 2018

MASALEMBO.COM

Sekretaris Provinsi Sulbar Muhammad Idris saat menyampaikan sambutan di acara maulid desa Kabiraan, Kecamatan Ulumanda (Foto: Ishak/Diskominfo Sulbar)

MAJENE, MASALEMBO.COM -  Infrastruktur jalan yang melintasi Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene kembali disuntik anggaran di tahun 2019. Untuk jalan tersebut akan mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp 9 miliar.

Hal tersebut diungkap Sekretaris Provinsi Sulbar Muhammad Idris saat menghadiri peringatan maulid di mesjid besar Syuhada Kabiraan Kecamatan Ulumanda, Jumat (7/12).

"Pekerjaan ini pengawasannya harus ketat, Sekretaris Daerah Provinsi sendiri yang akan mengawasi langsung pekerjaan ini," kata Idris saat menyampaikan sambutan.

Kata dia, saat ini Sekprov adalah orang Ulumanda asli, jadi sudah tidak ada alasan lagi kendaraan tidak bisa ke Ulumanda. 

"Infrastruktur jalan ke Ulumanda statusnya adalah jalan provinsi, dan itu merupakan tanggung jawab penuh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat," katanya.

Terkait perkampungan yang kemungkinan terdampak perbaikan jalan, Idris mengharapkan agar semua elemen masyarakat dan jajaran pemerintah, khususnya pemerintah setempat untuk memikirkan tentang penataan pelebaran areal perkampungan tersebut, karena tiap tahun akan mengalami perkembangan penduduk.

"Olehnya itu kita bagi peran, jalan untuk provinsi dan perkampungan tentunya diperankan oleh kecamatan, atau pihak kabupaten," pintanya.

Idris juga mengharapkan kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam hal ini diharapkan kerelaan dan keikhlasan masyarakat untuk mengorbankan lokasinya ataupun tanamannya apabila dipakai untuk keperluan umum demi kemajuan daerah. 

"Sebagaimana salah satu sunnah maulid adalah memberikan pengorbanan terbesar untuk orang lain, dan mungkin ini juga salah satu hikmah maulid yang perlu kita petik saat ini," harap Idris di hadapan sejumlah warga Ulumanda

Terkait generasi muda, mantan Kepala LAN Makassar ini berpesan agar semua pihak memperhatikan pendidikan anak-anak. Kata dia, ini merupakan amanah untuk yang di tangan merekalah masa depan bangsa dan daerah dititipkan.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Sulawesi Barat, Andi Ruskati Ali Baal mengatakan, Sulawesi Barat memiliki enam kabupaten dan sudah menjadi tanggung jawab Pemprov Sulbar  untuk memperbaiki mulai dari sumber daya manusia hingga pembangunan infrastrukturnya.

Acara maulid ini dihadiri warga desa Kabiraan serta masyarakat Ulumanda dari sejumlah desa. Pembawa hikmah maulid, Ilham dalam ceramahnya menjelaskan, peringatan maulid bukanlah tradisi, akan tetapi momen ini merupakan perwujudan kecintaan dan kedekatan umat Islam kepada  Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. "Apabila kita dekat dengan Nabiullah Muhammad, itu berarti kita sudah dekat pula dengan Allah," katanya.

Pada kesempatan ini, Sekprov Sulbar Muhammad Idris memberikan bantuan peralatan mesjid berupa sound sistem. (rls/har)

comments