Lihat, Murid-murid SD di Salah Satu Sekolah di Polman Belajar di Luar Gedung

On Selasa, Desember 04, 2018

MASALEMBO.COM

Murid SD Padang Kula belajar di luar gedung (Foto: Asrianto/masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Akibat gedung terendam lumpur dan material longsor, Sekolah Dasar Negeri Padang Kula yang terletak di Dusun Padang Kula, Desa Kaleok, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terpaksa menggelar ujian di luar gedung.

Sebelum menggelar ujian, pihak sekolah bersama guru dan siswa lebih dahulu membersihkan. Mereka membersihkan meja dan bangku yang terendam lumpur. 

Kepala SDN Padang Kula Antonius mengatakan, meskipun belajar di luar kelas, namun proses ujian tetap berjalan lancar. 

"Tidak bisa ditempati pak, karena penuh lumpur. Ini banyak buku dan bangku kotor kena lumpur," tuturnya, Selasa (4/12).

Usai ujian yang akan digelar beberapa hari kedepan, pihak sekolah akan membersihkan secara total ruang sekolah, sebab banyak buku-buku pelajaran yang ikut terendam air dan lumpur.

Bencana longsor di Desa Kaleok, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar terjadi pada Sabtu malam, (1/12). Sejumlah titik longsor terdapat di lima dusun, yakni Cendana, Kaleok, Tandipura, Ato'lebani dan Padang Kula.

Pemerintah kecamatan dan desa  setempat bersama aparat TNI, Polri dibantu warga melakukan upaya pembersihan material namun terkendala ketidaksediaan alat berat.

Kepala Desa Kaleok, Hajir mengatakan, hingga kini Dusun Cendana dan Tandipura masih terisolir karena material longsor masih menutup jalan menuju dua dusun tersebut. Sementara akses masuk ke dusun lainnnya kini dapat dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Untuk membersihkan sisa msateril longsor, Pemerintah Desa Setempat telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk mendatangkan alat berat ke lokasi.

"Kami sudah sampaikan ke Dinas PU, sore ini  alat berat akan di datangka ke lokasi," katanya. (ant/har)

comments