Pemprov Sulbar Raih Penghargaan Maturitas SPIP Level 3

On Kamis, Desember 20, 2018

MASALEMBO.COM

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menerima plakat maturitas SPIP dari BPKP RI (Foto: Kominfo Sulbar)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Kepala BPKP RI Bidang Investigasi menyerahkan plakat dan penghargaan kepada Gubernur Ali Baal Masdar atas keberhasilan Pemprov Sulbar mencapai maturitas SPIP (Sistem Pengendalian Internal Pemerintah) level 3 tahun 2018. 

Penghargaan diserahkan di sela acara pelantikan Kepala Badan Pengawas Keuangan Provinsi (BPKP) Sulbar di Auditorium Lantai IV Kantor Gubernur Sulbar Jl. H. Abdul Malik Pattana Endeng, Rangas, Mamuju, Kamis (20/12) pagi.

Baca: Dilantik Kepala BPKP Sulbar, Fauqi: Semoga Saya Dapat Diterima di Sini

Capaian maturitas SPIP level 3 ini, juga terhadap empat Pemkab di Sulbar yakni Majene, Polewali Mandar, Pasangkayu dan Mamuju. 

Gubernur Ali Baal Masdar terkait capaian itu berpesan, agar Kepala BPKP Sulbar dapat mendorong dua Pemkab lainnya, Mamuju Tengah dan Mamasa agar dapat menyusul ke empat Pemda peraih maturitas SPIP level 3.

“Alhamdulillah tahun ini penilaian SPIP di empat Pemkab yang ada di daerah ini sudah mencapai maturitas SPIP. Semantara dua Pemkab lainnya yakni Mamasa masih dalam proses penilaian oleh BPK, sedangkan Mamuju Tengah belum dinilai kerena termasuk daerah otonomi baru," beber Ali Baal.

Deputi BPKP RI Bidang Investigasi Iswan Elmi juga berharap, Pemprov dan Pemkab yang ada di Sulbar serta stakeholder lainnya dapat menerima Kepala BPKP Sulbar yang baru dilantik. 

Sebelumnya, Fauqi Achmad Kharir dilantik menjabat Kepala BPKP Sulbar.

Iswan Elmi berharap, sebagai mitra kerja pemerintah agar BPKP Sulbar mampu melanjutkan kerjasama yang telah berjalan dengan baik selama ini, dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Mengenai capaian matiritas level 3 yang diperoleh empat Pemda di Sulbar, Iswan mengatakan, hal tersebut sebagai wujud komitmen yang kuat dari Pemkab dan seluruh jajarannya.

Di kesempatan ini, Ia juga menyampaikan sebanyak 575 desa di wilayah Sulbar telah menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskudes) yang telah dibangun BPKP bersama Kemedagri RI.

“Ini tentu menjadi kebanggaan kita, karena 575 desa yang ada di daerah ini telah menggunakan Siskudes dalam pengelolaan keuangannya,” ungkap Iswan.

Ia menambahkan, sesuai Peraturan Presiden RI Nomor 192 Tahun 2014, BPKP mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara atau daerah dan pembangunan nasional.

“Dalam melaksanakan tugas pengawasan demi terciptanya akuntabilitas keuangan dan pembangunan nasional tersebut, BPKP harus memastikan tegaknya dua pilar akuntabilitas yang telah menjadi target recana pembangunan jangka menengah nasional 2015-2019 yaitu mencapai maturitas level 3 SPIP dan APIP,” pungkas Iswan

Sementara, Kepala BPKP Sulbar yang baru saja dilantik, Fauqi Achmad Kharir mengatakan, akan segera menjalankan tugasnya dengan baik, terutama melakukan berkoordinasi dan sinergitas dengan Pemprov, Pemkab, serta stakeholder lainnya.

“Saya sangat bersyukur hari ini bisa dilantik pak Gubernur, dan berharap semoga saya dapat di terima di daerah ini,” tuturnya. (mhy/red)

comments