235 Personil Polri Siap Amankan Pemilu di Mamasa

On Jumat, Februari 15, 2019

MASALEMBO.COM

Simulasi pengamanan natal tahun 2018 Polres Mamasa (Foto: dok. Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM -  Jelang Pemilihan Umum 17 April 2019, Kepolisian Resort (Polres) Mamasa menyiapkan sedikitnya 235 personil. Jumlah ini lebih dari setengah kekuatan personil Polres Mamasa. Personil itu akan dibagi dibeberapa kecamatan dan Desa serta sejumlah TPS. 

Kapolres Mamasa AKBP Arianto mengatakan, untuk mengetahui kesiapan personel dalam pengamanan pemilu 2019, Polres Mamasa akan melaksanakan Operasi Mantap Brata dengan melibatkan semua personil. Personil yang akan diturunkan dibantu TNI. Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan Polres Mamasa, yakni membangun sinergisitas antara TNI dan Polri, unsur terkait, pemerintah daerah dan elemen masyarakat.

Selain itu mengoptimalkan kinerja Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Brata 2019 dengan melakukan kegiatan deteksi dini, preemtif dan preventif. Serta upaya penegakan hukum bila terjadi unsur pidana dalam pemilu 2019.

Selain membangun langkah-langkah sinergitas antara semua elemen masyarakat, Polres Mamasa akan melakukan langkah-langkah memerangi hoaks, dimana menurut  Kapolres hoaks sering kali memicu konflik sosial di kalangan masyarakat, apalagi menjelang pemilu.

"Diimbau kepada elemen masyarakat agar bersama-sama memerangi hoaks, serta tidak mempercayai isu yang tidak bertanggungjawab. Jika ada yang melanggar ketentuan, maka akan ditendak tegas sesuai prosedur," tuturnya.

Arianto, menegaskan pihak kepolisian tidak akan mentolelir siapapun yang melakukan tindak pidana menjelang atau saat pemilu berlangsung. (frd/har)

comments