Pemkab Polman Siapkan Rp20 Miliar untuk Pembebasan Lahan Bandara

On Rabu, Februari 27, 2019

MASALEMBO.COM

Ilustrasi (Foto: Cahaya Papua/inet)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar merencanakan pembangunan Bandar Udara (Bandara). Bupati Andi Ibrahim Masdar mengaskan hal tersebut saat dikonfirmasi, di ruang kerjanya, Selasa (19/2/2019) lalu.

Lokasi pembangunan bandara kata AIM, berada di Dusun Tete, Desa Paku, Kecamatan Binuang. Pemkab Polman telah menyiapkan anggaran sebesar Rp20 miliar untuk pembebasan Iahan. 

"Pemerintah desa setempat telah menyiapkan lahan seluas 150 Hektar. Sudah siap kita tinggal menunggu waktu saja," kata AIM. 

Pembangunan bandara ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat yang hendak ke luar daerah, agar jarak tempuh semakin cepat. 

"Jarak tempuh antara Makassar dan Polman sangat jauh, membutuhkan waktu sekitar Iima jam. Begitu pun jika ingin ke Mamuju," kata Andi Ibrahim. 

AIM optimis, jika bandara sudah ada di Polman akan banyak masyarakat diuntungkan, seperti warga yang berada di dekat perbatasan Kabupaten Pinrang, Mamasa dan Majene, mereka juga akan merasakan perjalanan menuju keluar daerah Iebih cepat. 

"Sektor pariwisata juga pasti ramai, karena banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Polman karena aksesnya sudah cepat," terang AIM, sapaan Andi Ibrahim.

Menurut AIM, ia rutin ke kantor Kementerian Perhubungan Jakarta untuk menyelesaikan mega proyek tersebut. Meskipun tidak dibantu melalui anggaran, namun AIM akan tetap berusaha membangun.

"Biar tidak dibantu anggarannya, asal ada rekomendasi dari Kementerian, pasti saya bangun dengan kemampuan anggaran dari Pemkab," jelas adik kandung gubernur Sulbar ini.

AIM berharap, bandara tersebut nantinya bisa rampung sebelum masa jabatannya berakhir selama lima tahun kedepan.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Polman Aksan Amrullah, mengatakan, sudah lama Pemkab Polman mengusulkan adanya Bandara. Namun semua itu merupakan wewenang dari Dinas Perhubungan Provinsi. 

"Kami di kabupaten hanya bisa membantu mengusulkan, info terkahir sudah digodok di Kementerian, semoga cepat hisa terealisasi," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Sulbar Khaeruddin Anas yang ditemui usai pulang dari Dubai Uni Emirat Arab memberikan dukungan atas rencana Pemkab Polman tersebut.

Baca: Setuju Pembangunan Bandara Polman, Ini Kata Kadis Perhubungan Sulbar

Khaeruddin tak khawatir bandara di Polewali akan 'membunuh' bandara Tampa Padang Mamuju, pun bandara pendukung Sumarorong Mamasa. (ant/har)

comments