Surat Pemprov Sulbar Meriahkan Kedatangan Jokowi Hasil Keputusan Rapat Bupati

On Kamis, Maret 28, 2019

MASALEMBO.COM

Foto surat resmi Pemprov Sulbar ke para bupati (ist)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Kunjungan Calon Presiden RI nomor urut 01 Joko Widodo ke Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (28/3/2019) hari ini akan dipusatkan di lapangan Ahmad Kirang kota Kabupaten Mamuju. Kampanye terbuka calon petahana ini diperkirakan akan dihadiri ribuan orang.

Namun ada yang menarik dari kegiatan kampanye ini, adalah ditemukannya surat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat untuk memeriahkan kunjungan tersebut. Dalam surat yang ditandatangani wakil gubernur Enny Anggaraeni Anwar itu, Pemprov Sulbar meminta bupati se-Sulawesi Barat berpartisipasi menampilkan pagelaran seni yang menjadi ciri khas  masing-masing daerah.

Dalam surat itu ditulis bahwa kedatangan Jokowi ke Sulbar adalah kunjungan Presiden RI. Surat tersebut juga ditembusi ke Kemendagri dan Ketua DPRD Provinsi Sulbar.

Surat bernomor 2100/804/SET tersebut diperoleh awak media ini dari staf humas salah satu Pemkab di Sulbar. "Surat wagub ke bupati ini cukup rancu, karena yang datang adalah capres, dia (Jokowi) semestinya cuti," kata staf humas itu enggan disebut identitasnya.

Sementara, Protokoler Pemprov Sulbar, Wawan, membenarkan surat tersebut. "Benar pak itu surat dari Pemprov, pertimbangan surat dikeluarkan itu hasil rapat ibu wagub dengan para bupati pada tanggal 26 malam di rujab wagub," katanya.

Wawan, yang namanya dicantumkan dalam surat tertanggal 21 Maret tersebut mengatakan, jabatan presiden tetap melekat di Jokowi sehingga tidak masalah dengan surat ke para bupati se-Sulbar itu. 

"Pak Jokowi itu tetap melekat sebagai kepala negara pak, jadi sebagai pemerintah daerah tentunya kita sah-sah saja menyambut bapak presiden dengan menampilkan kesenian di masing-masing daerah," terang Wawan melalui sambungan Whatshap, Kamis (28/3) pagi.

"Tapi perlu digaris bawahi penempatan kesenin itu bukan di area kampanye tetapi sebelum masuk di area kampanye," lanjutnya.

Sebelumnya, Sekretaris Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin Provinsi Sulbar Charles Wiseman mengatakan, pihak panitia kampanye terbuka Jokowi-Ma'ruf Amin telah menyiapkan penyambutan serta persiapan kampanye, Kamis. "Kita sedang persiapan di lapangan Ahmad Kirang," ucap Carles melalui sambungan telepon, Rabu (27/3/2019) kemarin.

Baca: Besok Jokowi Sampaikan Orasi di Lapangan Ahmad Kirang Mamuju

Charles mengatakan, Jokowi akan tiba di bandara Tampa Padang Mamuju pukul 15.40 Wita, lalu menuju lapangan Ahmad Kirang. Setiba di lapangan Ahmad Kirang Jokowi akan disambut tarian adat Mamuju menuju panggung utama untuk menyampaikan orasi. 

Charles mengatakan, belum mengathui secara pasti apakah Jokowi akan dikawal Paspampres, namun ia memperkirakan capres 01 yang juga presiden RI ini akan dijaga ketat oleh pasukan pengamanan presiden.

"Iya mungkin ya, karena kan melekat jabatan presiden sama dia, karena pemahaman hukum tata negara kita bahwa melepas jabatan presiden itu berarti terjadi vacum of power. MK juga mengatakan bahwa presiden tetap melekat, tidak perlu melepas," terang politiis PDI Perjuangan ini. (har/red)

comments