Sarapan Bersama Ala Sekolah Ramah Anak di Polewali

On Selasa, Maret 12, 2019

MASALEMBO.COM

Ratusan murid SD Negeri 001 Polewali gelar acara sarapan bersama (Foto: Asrianto/masalembo)

POLEWALI, MASALEMBO.COM -  Sebagai sekolah ramah anak, SD Negeri 001 Polewali menggelar kegiatan sarapan pagi sehat, Selasa (12/32019). Kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah  ini diikuti ratusan murid di sekolah ini.

Seluruh siswa duduk bersimpuh di atas karpet plastik yang telah digelar. Kegiatan diawali dengan arahan dari Kepala Sekolah, kemudian murid membaca do'a dan menyantap sarapan bersama-bersama.

Berbagai menu makanan dari murid ini disajikan bersama lauk pauk yang sehat. Ada nasi kuning, telur, daging, ikan, sayur dan menu lainnya. Semua menu dibawa oleh masing-masing murid SD Negeri 001 Polewali dari rumahnya.

Alif, murid SD ini mengaku, sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. Sebab, ia tak perlu lagi jajan di sekolahnya. 

"Banyak makanannya tadi, ada nasi, sayur, ikan dan tempe," katanya sambil menyantap makanan miliknya.

Kepala SDN 001, Nurjannah, mengatakan bahwa kegiatan ini digelar setiap bulan untuk memberikan penguatan pendidikan karakter. Selain itu, kegiatan ini sebagai satu satu bentuk edukasi, "Bagaimana kita menanamkan anak-anak kita mandiri dan makanan sehat. Kami menerapkan pola empat sehat lima sempurna," jelasnya.

Nurjannah juga menambahkan untuk menghindari penggunaan sampah palstik, seluruh siswa di suruh membawa air minum bukan dalam bentuk kemasan botol, tetapi air dalam wadah yang mereka siapkan masing-masing.

"Ini supaya ramah lingkungan menghemat penggunaan sampah plastik dari botol kemasan," sambungnya.

Ketua Program Sekolah Ramah Anak, Muhammad, mengatakan, ini sebagai program nasional yang diterapkan di sekolah ramah anak. Ia berharap agar kegiatan ini tetap berjalan seterusnya.

"Selain sarapan sehat seperti ini, kami juga setiap bulan gelar dzikir bersama untuk menanamkan akhlak yang baik kepada siswa," pungkasnya.

Sekolah SDN 001 merupakan sekolah unggulan dan masuk sebagai sekolah Adiwiyata Nasional. Jumlah siswa di sekolah ini sebanyak 729 orang dari 24 kelas. 

Sekolah SDN 001 Awalnya terbagi dalam dua sekolah, yakni SDN 001 dan 065. Pada tanggal 28 Juli 2016, sekolah ini kemudian digabung menjadi satu. 

Sejak dinahkodai oleh Hj. Nurjannah sebagai kepala sekolah. SDN 001 ini telah  terakreditasi predikat A dan beberapa kali meraih pengharhaan diantaranya, piagam berprestasi tingkat nasional tahun 2008, kemudian tahun 2009 meraih  penghargaan Satya Lencana Pendidikan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di istana negara. (ant/har)

comments