Ganggu Kelancaran Arus Lalu Lintas, Puluhan PKL Dibersihkan dari Bahu Jalan

On Sabtu, Juli 20, 2019

MASALEMBO.COM

Tim gabungan Polres Majene, Satpol PP, Dishub, dan Bapenda, membantu membenahi barang PKL yang dipindahkan ke dalam Pasar Sentral Majene, Jumat (19/7/2019). (FOTO:IST/MASALEMBO.COM) 

MAJENE, MASALEMBO.COM -- Tim gabungan Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Polres Majene, menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di luar area Pasar Sentral Majene, pagi tadi, Jumat (19/7/2019).  

Seluruh PKL yang menggunakan bahu jalan, digiring masuk kedalam pasar. Mereka tidak lagi dibolehkan berjualan diluar, karena mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Terutama dibelakang Pasar Sentral Majene, kerap digunakan berjualan.

"Sebelumnya mereka sudah diingatkan agar tidak berjualan di bahu jalan. Sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas," kata Kepala Dishub Majene Mithhar Thala Ali, Jumat (19/7).

Tapi mereka tetap membandel. "Makanya kami bersama dinas terkait dan Polres Majene, turun menertibkan PKL diluar pasar. Ini penting untuk penataan kota Majene," terangnya.          

Mithhar bersama seluruh tim datang ke lokasi pukul 06.00 WITA. Tim sengaja mendahului PKL agar tidak sempat menggunakan bahun jalan. Sehingga pedagang dengan mudah digiring ke dalam pasar. 
 
"Sebenarnya mereka punya tempat didalam pasar. Tapi lebih suka berjualan di luar karena mudah dijangkau konsumen. Mereka tak sadar arus lalu lintas menjadi semrawut lantaran aktivitas dijalan sangat padat," jelas mantan Kepala Dinas PM-PTSP Majene itu.       

Penertiban ini akan berlangsung tiga bulan. Petugas Dishub, Satpol PP dan Satlantas Polres Majene, selalu siaga memantau kondisi disekitar Pasar Sentral Majene. Pengawasan ini bertujuan mencegah PKL kembali menggunakan bahu jalan.  


Kasat Lantas Polres Majene Iptu Muslim Aslim, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Mithhar Thala Ali, memberikan arahan pada tim gabungan saat penertiban PKL sekitar Pasar Sentral Majene, Jumat (19/7/2019).(FOTO:IST/MASALEMBO.COM) 

Kasat Lantas Polres Majene Iptu Muslim Aslim mengatakan, penertiban pagi tadi melibatkan puluhan personel Polres. Mereka diturunkan membackup tugas Satpol PP mengamankan penertiban PKL. Jangan sampai terjadi insiden yang tidak diinginkan.

"Alhamdulillah dari awal hingga akhir penertiban berjalan lancar dan aman. Mereka diperlakukan dengan persuasif dan humanis sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan," ucap Kasat Lantas.

Penertiban PKL juga dihadiri Plt Kepala Dinas Satpol PP Zaenal Arifin, Sekretaris Dishub Majene Dudi Wahyudi Noor, dan Babinsa setempat. Setelah penertiban, tim gabungan memasang spanduk tanda pelarangan berjualan di bahu jalan. (riz)



comments