-->

Hot News

Bupati Fahmi Lantik Pengurus Baru Forum Petani Kakao Kabupaten Majene

By On Jumat, Desember 22, 2017

Jumat, Desember 22, 2017

Bupati Fahmi Massiara saat melantik Pengurus Forum Petani Kakao Majene (Foto: Humas Pemkab Majene)
MAJENE, MASALEMBO.COM- Bupati Majene Dr. H. Fahmi Massiara melantik ketua dan pengurus baru Forum Petani Kakao Kabupaten Majene periode 2017-2022, Kamis (21/12). Pelantikan ini dilangsungkan di halaman kantor BPP Pertanian Kecamatan Tammero'do Sendana.

Bupati Fahmi dalam sambutannya mengatakan, Forum Petani Kakao (FPK) Kabupaten Majene adalah satu-satunya forum petani kakao di Sulbar. Karena itu kata dia, bupati mengharapkan agar organisasi ini berjalan dengan baik, serta bermanfaat untuk mendorong kemajuan para petani.

"Untuk menyalurkan keinginan dan harapan-harapan petani, kelompok tani biar tidak usah lagi banyak ke Dinas, gunakan saja forum ini untuk evaluasi perkembangan kakao kita," ujar Fahmi usai melantik pengurus baru.

Di acara yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Majene, Burhan, S.Pt, MM mengatakan, forum petani kakao ini adalah mitra dinas untuk sektor pertanian khusus pengembangan tanaman kakao. 

Dikatakan Burhan, saat ini jumlah anggota FPK Majene telah mencapai 34 ribu orang. "Dan salah satu dari anggota Forum Petani Kakao Majene adalah petani berprestasi tingkat nasional tahun 2017," ucapnya. 

Di hadapan bupati dan para pengurus forum, Kadis Burhan mengajak semua pihak terkait agar membangun kerjasama, khususnya dalam menangani masalah-masalah kakao di Majene. 

"Saya harapkan kepada petani kakao yang tergabung dalam forum ini, mari kita terus mendukung perkakaon. Karena ini salah satu icon Sulbar dan Majene telah mimiliki petani-petani kakao yg berprestasi," pinta Burhan.

Khusus masalah harga yang kerap dikeluhkan petani, mantan Camat Ulumanda ini meminta agar petani kakao Majene melakukan penjualan bersama, karena kalau tidak harga akan dipermainkan. 

"Harga kakao ini ada kelasnya, kelas A yang paling bagus, kemudian kelas B dan kelas C. Para  tengkulak biasa membeli rata dengan harga kelas C, padahal di dalamnya ada kelas A dan jelas B," jelas Burhan.

Sementara itu, Ketua Forum Petani Kakao Majene yang baru dilantik, M. Ali mengharapkan kerjasama dan dukungan semua. Ia juga berharap selalu mendapat dukungan dari dinas dan Pemerintah Kabupaten Majene.

"Saya mengharapkan pak bupati, agar forum ini tetap berkembang, maka bagaimana perhatian pemerintah untuk melihat kami berkembng kedepan," pintanya. (eg/har)

comments