Tim Harmonis Minta APK Bukan Peserta Pilkada Dibersihkan

On Kamis, Maret 01, 2018

MASALEMBO.COM

KPU Mamasa bersihkan APK (Foto: Kedi Liston Parangka/masalembo.com)
MAMASA, MASALEMBO.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa menyerahkan 219.907 lembar alat peraga dan bahan kampanye Pilkada Mamasa 2018 kepada tim pemenangan pasangan H. Ramlan Badawi-Marthinus Tiranda (Harmonis) di kantor KPU Mamasa. Selasa, (27/2)

Dalam acara penyerahan itu, tim kampanye Harmonis sempat mempertanyakan legalitas pemasangan baliho dan atribut kampanye milik kelompok lain yang bukan peserta Pilkada Mamasa tahun ini.

Pertayaan tim Harmonis terkait penertiban APK ini muncul, setelah KPU Mamasa meminta semua APK Harmonis yang masih terpasang di luar dan bukan di cetak KPU agar segera dibersihkan.

"Bagaimana dengan baliho kampanye di luar Harmonis yang masih bertebaran, itu juga harus di bersihkan terlebih mereka (tim simpatisan kolom kosong, red) bukanlah merupakan peserta Pilkada," tanya Cornelius, salah seorang tim kampanye Harmonis.

Hampir senada yang disampaikan Yohanes Buntulangi, salah satu Liaison officer (LO) Harmonis ini menyebut, bahwa sungguh kurang elok jika hanya baliho milik Harmonis yang selalu ditertibkan, sementara baliho milik tim lain yang mengampanyekan kolom kosong tidak pernah ditindaki. "Kan kita sudah ada kesepatan saat koordinasi bersama bahwa semua yang tidak mengikuti aturan harus dibersihkan," tuturnya.

Ia menambahkan tim Harmonis sampai saat ini tunduk pada semua aturan penyelenggaraan Pilkada, dia bilang hal tersebut penting ditindaklanjuti untuk menghindari masalah dikemudian hari. "Kami Harmonis juga berhak keberatan jika baliho yang lain tidak dibersihkan," tegasnya.

Menjawab itu, perwakikan Panwaslih Mamasa yang turut menghadiri penyerahan APK tersebut secara singkat mengatakan aturan bagi baliho lain yang bukan peserta Pilkada itu belum ada aturannya. "Namun nanti saya akan sampaikan ke pimpinan (komisioner Panwaslih, red) untuk ditindak lanjuti," ujar staf yang mewakili Panwasli.

Selain menyerahkan APK, KPU Mamasa juga menyerahkan petunjuk tehknis pemasangan dan biaya pemasangan APK sebesar 59.995.000,55 rupiah. (klp/ash)

comments