-->

Hot News

Dukcapil Pasangkayu akan Evaluasi 2000 KTP yang Diduga Ganda

By On Selasa, Juni 26, 2018

Selasa, Juni 26, 2018

Warga antusias melakukan perekaman KTP-el di kantor Dukcapil Pasangkayu (Edison S/masalembo.com)


PASANGKAYU, MASALEMBO.COM - Hari pertama dan kedua setelah cuti bersama lebaran, kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pasangkayu, sudah dikerumuni oleh masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Kabupaten Pasangkayu, Made Widiyasa, menuturkan, sejak hari pertama masuk kantor mereka sudah disibukan dengan penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan Perekaman KTP- el.

"Patut disyukuri karena dalam dua hari ini masyarakat kita semakin giat membuat KK-nya dan tanpa dipaksa. Mereka datang sendiri untuk melakukan perekaman KTP- el-nya," terang Made Widiyasa, Jumat (22/6).

Kata dia, untuk penduduk Kabupaten Pasangkayu yang wajib KTP itu sebanyak 164. 683 orang dan data ini sudah terkonsolidasi. Sedangkan yang belum melakukan perekaman sebanyak 69.844 wajib KTP.

"Dari jumlah 69.844 tersebut, masih terdapat data ganda dan ada juga yang bermasalah datanya, karena pada saat melakukan perekaman disini, pas di update di pusat itu belum ada statusnya atau belum terdaftar," terang Widiyasa.

Jumlah data ganda di wilayah Kabupaten Pasangkayu itu kurang lebih 2000 orang. Dimana data ganda ini, kebanyakan pada orang yang sama tapi memiliki dua identitas serta masih terdaftar di daerah lain. Sehingga langkah yang akan mereka ambil yakni dengan cara memilahnya dan selanjutnya dilapor dan diusulkankan ke Mendagri untuk dihapus.

Sementara terkait jumlah pemilih berdasarkan versi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu, itu masih tersisa 10. 752 pemilih yang belum memiliki KTP- el.

"Terkait DPS (daftar pemilih sementara yang ditetapkan oleh KPU yang jumlahnya mencapai 10 ribu lebih itu, kita masih menunggu datanya siapa saja orangnya untuk kita cek di servernya Capil. Sampai sekarang ini kami belum diberikan. Alat pencetak kami di sini itu mampu mencetak KTP sebanyak 150 keping per hari, apabila jaringan ke pusat selalu bagus," tandasnya. (eds/har)

comments