-->

Hot News

Pembukaan P3GTM Berlangsung Meriah, Mateng Disebut Indonesia Mini

By On Minggu, Juli 01, 2018

Minggu, Juli 01, 2018

Bupati Mateng buka P3GTM yang dihadiri ribuan umat kristiani dari berbagai daerah di Indonesia (Jamal Tanniewa/masalembo.com)


MATENG, MASALEMBO.COM -  Puncak acara Pekan Persekutuan Pemuda Gereja Toraja Mamasa ke X (P3GTM- X) yang dipusatkan di Mamuju Tengah, Minggu (1/7) berlangsung meriah.

Pembukaan P3GTM oleh Bupati Mateng H Aras Tammauni ditandai pemukulan gong yang dilanjutkan hiburan tarian yang diberi nama Lalla Tassasisara, Benteng Kayu Mangiwang dan Tarian P3GTM. 

Dalam sambutannya, H Aras Tammuni berharap, menjadi tuan rumah kegiatan yang melibatkan belasan ribu peserta dapat berjalan lancar. Ia mengatakan,sebagaimana semboyan "Lalla Tassisara" yang bermakna keberagaman suku dan agama yang rukun dan damai, maka hendaknya seluruh elemen di daerah ini dapat selaras, bekerjasama demi melancarkan program pembangunan daerah.

"Oleh sebab itu Mamuju Tengah sering disebut Indonesia mini yang ada di provinsi Sulawesi Barat," ucap Bupati yang akrab disapa Uwe Aras ini.

Ia mengatakan, perbedaan adalah suatu rahmat yang harus dijaga, dengan memberi ruang bagi seluruh pemeluk agama. 

"Sikap toleransi antar umat beragama harus dijaga, hal ini sebagai bentuk kebersamaan dan komitmen pemerintah yang memberi ruang bagi seluruh pemeluk agama," katanya.

Hal serupa juga disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Sulbar, M. Natsir yang turut hadir. Ia mengatakan, Mateng merupakan Indonesia mini Sulbar, maka harus dipertahankan kerukunan yang lahir dari keragaman itu.

M Natsir berharap, P3GTM yang melibatkan pemuda GTM sebagai momentum dalam mengisi hal positif, yang bersifat membangun dan meningkatkan kapasitas bangsa dan daerah Provinsi Sulbar.

"Sebagai generasi penerus, peran aktif dan fungsi pemuda sangat dibutuhkan dalam meningkatkan pembangunan," katanya.

Dalam sambutannya, M Natsir menyampaikan apreseasi bagi pemerintah Mateng yang memberi ruang menjadi tuan rumah kegiatan akbar P3GTM.

Selain Bupati H Aras Tammauni, Wakil Bupati H Amin Jasa dan Sekkab Mateng Askary Anwar turut hadir di acara pembukaan P3GTM yang juga dihadiri sejumlah pejabat Provinsi Sulbar, Mamuju, Mateng dan Kabupaten Mamasa.

Tampak pula Ketua DPRD Sulbar Amalia Aras, Mantan Bupati Mamasa Obet Nego Depparinding, sejumlah tokoh agama ummatan Kristiani Se-Indonesia. (jml/har)

comments