-->

Hot News

Festival Kayumaloa Ungkit Kearifan Lokal Pasangkayu

By On Rabu, September 05, 2018

Rabu, September 05, 2018

Kadis Disbudpar Pasangkayu I Nyoman Suandi bersama Setda Pasangkayu Firman (Edison/masalembo.com)

PASANGKAYU, MASALEMBO.COM Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pasangkayu, akan menggelar festival Kayumaloa, Sabtu (8/9) hingga Minggu (9/9).

Kepala Disbudpar Pasangkayu I Nyoman Suandai menyampaikan, festival ini diisi dengan berbagai perlombaan tradisional, antara lain lomba perahu katinting (katinting race) dan lomba gerobak sapi (gerobak race).

“Kenapa disebut festival Kayumaloa, karena lomba ini akan berlangsung di pantai Koa Koa Dusun Kayumaloa, Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu," sebut Nyoman, Rabu (5/9) di kantor Disbudpar Pasangkayu.

Ia mengatakan, festival Kayumaloa, bertujuan untuk mempromosikan objek wisata yang di kabupaten paling utara Sulbar ini. Selain itu, juga untuk mengangkat kearifan lokal masyarakat Pasangkayu.

Dijelaskan, katinting dan gerobak adalah alat transportasi sekaligus sebagai alat yang dipergunakan untuk mengais rezeki bagi masyarakat Pasangkayu sejak dahulu kala. Bahkan zaman dulu orang yang telah memiliki gerobak sapi dianggap sama dengan memiliki mobil.

“Jadi ini untuk mengangkat kearifan lokal dan menghidupkan tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Dulu kalau ada acara pertunangan itu memakai gerobak. Jadi dahulu kalau memiliki gerobak, kita sudah bisa bangga. Demikian juga dengan perahu katinting bagi para nelayan,” sambung I Nyoman Suandi.

Festival Kayumaloa ini akan memperebutkan hadiah uang tunai dengan total Rp31 juta. Tidak hanya itu panitia penyelenggara juga menyediakan tropi bagi para juara lomba.

“Hingga saat ini pendaftar untuk gerobak race sudah mencapai 35 orang, dan katinting race sudah mencapai 27 orang. Acara ini akan dibuka langsung Bupati Pasangkayu, bapak Agus Ambo Djiwa," pungkasnya. (eds/har)

comments