-->

Hot News

Humas Setda Majene Ikuti Pelatihan Keprotokoleran Negara

By On Minggu, Februari 24, 2019

Minggu, Februari 24, 2019

Tampak Sufyan Ilbas (empat dari kiri/belakang) foto bersama sejumlah peserta sosialisasi dan pelatihan keprotokoleran negara (Foto: Sufyan Ilbas/Humas Setda Majene)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Sosialisasi dan Pelatihan Keprotokolan Negara dan Kekonsuleran di Hotel The Rinra Makassar, Sabtu (23/2/2019) kemarin, diikuti oleh seluruh protokol Pemda se-Indonesia. Narasumber utama dari Dirjen Protokol dan Konsuler sekaligus Kepala Protokol Negara, Dr. Andri Hadi.

Pembicara lain dari Sekretariat Wakil Presiden RI, Robby J. Prihana yang tampil bicara perihal Pengaturan Pelayanan Keprotokan dan MC Keprotokolan. Kemudian dari Kememndagri Gentur Heru Anggoro yang menyampaikan materi Etika Protokol serta Direktur Fasilitas Diplomatik Kemenlu, John J. Boestami membawakan materi kekonsuleran terkait Mekanisme Online Pembuatan Paspor Dinas dan Exit Permit.

Di kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Kabupaten Majene turut mengirim perwakilan. Mereka yang ikut adalah Kabang Humas Yusuf Ali, Kasubag Protokol Sufyan Ilbas dan tiga orang staf yakni Nurfdilah Kasim, Nana Marlina dan Andi Isra.

Kasubang Protokoler Sufyan Ilbas usai acara ini mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para protokol karena akan menjadi pedoman dan petunjuk dalam menjalan tupoksinya selaku protokol di kabupaten.

Kata Sufyan, protokol dituntut selalu dapat berinovasi di lapangan, termasuk sebagai pengatur dalam setiap acara pemerintah, entah acara formal maupun non formal.

Menurut Sufyan, kebutuhan akan protokol dewasa ini memang sangat dirasakan karena sukses tidaknya suatu acara dapat ditentukan oleh kesigapan dari para protokol, terutama bila menghadirkan para pimpinan dari kabupaten itu sendiri.

“Namun kadang kala orang masih salah kaprah dengan tugas protokol, karena selalu mengidentikkan kalau protokol sama dengan MC, padahal itu sangat berbeda,” kata Sufyan kepada masalembo.com via WhatsApp

Kasubang Protokoler Sufyan Ilbas mengatakan, dirinya banyak ilmu ia dapatkan dalam kegiatan tersebut. Dari sejumlah materi itu, kata dia, akan diterapkan pada setiap momen acara yang dilaksanakan di kabupaten Majene.

"Terima kasih kepada pihak Kementerian Luar Negeri RI yang telah membuat acara ini, semoga kedepannya masih ada lagi kegiatan yang serupa dilaksanakan," tutur Sufyan.

Untuk diketahui, selain Humas Setda, DPRD Majene juga mengirim utusan di pelatihan tersebut. Pemkab Mamasa, Mamuju Tengah dan Pemprov Sulbar juga mengikuti kegiatan tersebut. (adv/red)

comments