Bimtek Peningkatan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi Sulbar

On Kamis, Juni 13, 2019

MASALEMBO.COM

Peserta bimtek Dinas Trasmigrasi Prov Sulbar digelar di M City Hotel Mamuju (egi1/masalembo.com)


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Kepala Sub Bidang Perencanaan Pengembangan Masyarakat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Ramli, hadir sebagai narasumber bimbingan teknis Peningkatan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi Sulbar yang digelar di M City hotel Mamuju, Rabu (12/6/2019).

Di kesempatan ini Ramli mengatakan, terdapat lima aspek yang fokus menjadi perencanaan transmigrasi secara berkelanjutan. Kelima aspek itu, yakni ekonomi, sosial budaya, mental dan spritual, aspek lingkungan, sarana dan prasarana dan penguatan kelembagaan. "Kelima aspek ini jika betul-betul dibuat perencanaan, saya kira masyarakat transmigrasi lebih sejahtera," ucapnya. 

Ramli menjelaskan, melalui bimbingan teknis itu program transmigrasi akan mampu berjalan maksimal dengan melibatkan pihak-pihak lain di lintas sektoral.

"Jadi kolaborasi antar lintas sektor harus dibangun, misalnya di Rano itu produk unggulannya pertanian, ada kopi di sana, maka tentu melibatkan pihak lain, pihak dinas pertanian misalnya," katanya. 

Karena itu lanjut Ramli, kegiatan bimbingan teknis ini selain menghadirkan jajaran dinas transmigrasi seluruh kabupaten di Sulbar juga menghadirkan pihak Bappeda, PU dan dinas terkait lainnya. 

Ketua Penyelenggara Bimbingan Teknis Peningkatan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi, Saihu N mengatakan, kegiatan ini digelar untuk menyamakan persepsi baik penyelenggara program transmigrasi kabupaten Se-Sulbar maupun provinsi. 

"Kabupaten nanti akan mendapat rekomendasi untuk melakukan ekspose rencana pengembangan kawasan transmigrasi mereka," ucap Saihu.

Ia menuturkan, kegiatan ini diikuti peserta dari masing-masing kabupaten dan 13 peserta dari Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan dimulai 12 hingga 14 Juni 2019 lusa. (adv/red)

comments