-->

Hot News

Maskapai China Garap Rute Jakarta-Makassar, Garuda Tak Menapik

By On Jumat, Juni 14, 2019

Jumat, Juni 14, 2019

Pesawat China Airlines (inet/kompas.com)

MASALEMBO.COM - Maskapai asing ternyata telah ada yang mulai menggarap penerbangan domestik. Salah satunya adalah maskapai China Airlines.
Berdasarkan penulusuran Suara.com dari web perusahaan, maskapai asal negeri tirai bambu itu menjajakan tiket pesawat rute Jakarta-Makassar.

Namun terdapat informasi bahwa rute tersebut tak dioperasikan langsung oleh China Airlines, tetapi dioperasikan oleh Maskapai Garuda Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan tak menampik bahwa Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan tersebut.

Dia menjelaskan, selama ini memang Garuda Indonesia bekerja sama dengan China Airlines terkait berbagi kode penerbangan (code share).

"Istilahnya code share, jadi itu kerja sama Garuda Indonesia dengan China Airlines kayak code share biasa antara dua maskapai bahwa antar maskapai biasa melakukan code share," ujar Ikhsan saat dihubungi Suara.com, Kamis (13/6/2019).

"Jadi kalau maskapai yang tidak terbang ke suatu daerah, tapi dia ada penumpang ke daerah itu, biasanya kerja sama dengan maskapai yang punya penerbangan ke daerah itu," jelas dia.

Dalam hal ini, tutur Ikhsan, Garuda Indonesia akan menagihkan biaya tiket dari penumpang yang ikut dalam penerbangan tersebut.

"Kita menagihkan biaya tiketnya, jadi ada penumpang dari Taipei mau ke Makassar, dia beli tiket di Taipei di China Airlines ya sudah dia terbang dengan China Airlines. Nah dari Jakarta-Makassar China Airlinesnya menitipkan penumpangnya ke Garuda," ucap dia. (*)

Sumber: suara.com

comments