Wabup Majene Himbau Warga Gelar Salat Minta Hujan

On Rabu, September 18, 2019

MASALEMBO.COM

Wakil bupati Majene H Lukman (ist/humas Setda Majene)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Banyak peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karthula) akhir-akhir ini membuat Pemerintah Kabupaten Majene mengajak warga segera menggelar salat minta hujan atau istisqa. 

Wakil bupati Majene Lukman mengatakan, himbauan salat minta hujan itu akan disampaikan kepada seluruh elemen masyarakat, terkhusus di lingkup Pemerintah Kabupaten Majene. "Salat ini akan digelar mulai dari kabupaten hingga kelurahan/desa, kita percayakan kepada asisten 1 untuk membuat perencanaannya, dimana dilaksanakan dan selanjutnya melakukan persuratan ke tingkat bawah," kata Lukman, Rabu (18/9/2019) saat menggelar rapat koordinasi strategi penanganan kebakaran lahan tingkat kabupaten Majene di ruang rapat wakil bupati.

Di kesempatan itu, Lukman mengungkap, akhir-akhir ini dirinya banyak menerima keluhan warga akan maraknya kebakaran lahan. Ia menegaskan Pemkab Majene akan membangun posko kebakaran di setiap kecamatan, melibatkan aparat kepolisian, TNI dan pemerintah tingkat kecamatan. 

"Apa SOP-nya, ya kalau ada titik-titik api yang kelihatan maka masyarakat akan segera menyampaikan ke posko kebakaran," ucap mantan wakil ketua DPRD Majene itu. 

Lukman mengungkap, beberapa pekan ini dirinya banyak menerima aduan soal kebakaran lahan dan hutan. Ia mengaku harus terjun langsung untuk menjawab keluhan warga tersebut. "Sekarang ini, informasi ke saya dan saya yang lari ke Pemadam kebakaran. Jika Pemadam ke kebakaran tidak ada di tempat saya yang lari cari bahkan pernah sampai ke mesjid," aku ketua DPD Golkar Majene ini. 

Lukman berharap dengan adanya posko kebakaran di kecamatan maka masyarakat akan dengan muda menyampaikan laporan peristiwa kebakaran dan dapat terkordinasi lebih cepat untuk memadamkan api.

Selain salat minta hujan dan membangun posko kebakaran, Pemerintah Kabupaten Majene juga akan mengeluarkan himbauan melalui khutbah seragam. Khutbah seragam akan disampaikan di masjid-masjid di Majene, isinya himbauan atau ajakan agar warga berhati-hati dan menghindari kebakaran sedini mungkin. 

"Kita juga akan menyurat, atas nama Pemerintah Kabupaten Majene, pak Bupati yang akan membuat surat edaran untuk mengantisipasi kebakaran lahan," tegas Lukman. (har/red)

comments