-->

Hot News

Amin Jasa: Hanya Persatuan Yang Dapat Wujudkan Cita-Cita Bangsa

By On Senin, Oktober 28, 2019

Senin, Oktober 28, 2019

Wakil Bupati Mateng HM Amin Jasa membacakan amanat Menpora pada upacara peringatan Sumpah Pemuda di halaman Kantor Bupati, Senin (28/10/2019)

MATENG, MASALEMBO.COM -- Wakil Bupati Mateng HM Amin Jasa menyatakan, Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema 'Bersatu Kita Maju.

Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. "Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa," tegas Amin Jasa dalam amanatnya membacakan pidato seragam menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman Kantor Bupati Mateng, Senin (28/10/2019).

Kata Amin, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Namun pada sisi lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif. Informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme, akan masuk dengan mudah. "Tapi itu hanya akan terjadi apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara," ungkapnya.

Bupati Mateng H Aras Tammauni diapit putranya Ketua DPRD Mateng H Arsal Aras, dan Wakil Bupati HM Amin Jasa, Sekkab Mateng H Askary Anwar, serta Jajaran Forkopimda.   

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja. Beriman dan bertakwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggungjawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni. "Pemuda juga harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional," papar Amin.

Disebutkan, tema 'Bersatu Kita Maju' sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa. Tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju, adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu. Berjuanglah, lahirkanlah ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia," ucap Amin tegas.

Ia mengatakan, semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia, harus terus menjadi obor. Jadilah penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dan ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

Upacara sumpah pemuda dihadiri Bupati Mateng H Aras Tammauni, Sekkab Mateng H Askary Anwar, Ketua DPRD Mateng Arsal Aras serta jajaran forkopimda. Hadir pula para pimpinan OPD, Pabung Mateng Kodim 1418/Mamuju, dan segenap Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca). (jml/riz) 

comments