Karhutla di Mamasa Nyaris Merembet ke Pemukiman Warga, Pemadaman Berlangsung Dramatis

On Minggu, Oktober 27, 2019

MASALEMBO.COM

Warga memadamkan api kebakaran hutan dan lahan di Desa Lembana Salulo Mamasa. (Frendy Cristian/masalembo.com)


MAMASA, MASALEMBO.COM - Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Mamasa, Sulawesi Barat. Kebakaran kali ini terjadi di Desa Lembana Salulo, Kecamatan Mamasa, Kamis (25/10/2019).

Pemadaman api berlangsung dramatis karena si jago merah membesar membakar semak belukar yang kering. Ditambah tiupan angin nan kencang meyulitkan pemadaman dilakukan.


Puluhan petugas baik kepolisian, pemadam kebakaran maupun warga setempat berjibaku memadakan api. Mereka menggerakkan dua unit mobil damkar dibantu alat manual.

Dari data yang himpun, diperkirakan kurang lebih 4 hektar areal hutan pinus di desa itu ludes terbakar. Kebakaran ini sekitar pukul 11:00 wita siang.

“Kebakaran hutan dan lahan di Desa Lembana Salulo terjadi sejak siang hari hingga sore hari. Personil gabungan bersama warga setempat memang sempat kesulitan melakukan pemadaman karena angin kencang dan apinya sangat membesar,” ungkap Iptu Dedi Yulianto, Kasat Resrim Polres Mamasa.

Meski api sempat mendekati lokasi pekuburan dan permukiman warga tetapi berkat kerja keras personil gabungan di lapangan yang saling bahu-membahu akhirnya pemadaman bisa dilakukan pada sore hari.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, lokasi penkuburan dan rumah warga juga terselamatkan. (fre/har)

comments