Makin Langka, Harga Gas Melon Melangit

On Kamis, Oktober 31, 2019

MASALEMBO.COM

Elpiji 3 kg hanya untuk masyarakat muskin. (Foto/Ilustrasi) 

MATENG, MASALEMBO.COM -- Kelangkaan Elpiji 3 kg beberapa hari terakhir, menyebabkan harga tabung melon melangit.

Kini harga gas bersubsidi itu mencapai Rp30 ribu per tabung. Padahal Harga Eceran Tertinggi (HET) hanya Rp18.000 per tabung. Ironisnya, sudah mahal sulit pula didapatkan.

Kondisi tersebut sangat dikeluhkan masyarakat kecil. "Saya kadang menunggu dua hari baru dapat," ucap Herlina, ibu rumah tangga asal Dusun Bulurembu Desa Babana, Rabu (30/10).

Kata dia, kelangkaan tabung melon terjadi sejak beberapa pekan terakhir. Yang menyulitkan sebab setiapkali ingin menukar tabung, selalu saja kehabisan stok. Sehingga rumah tangga yang membutuhan gas harus menunggu beberapa hari. 

Kepala Bidang perdagangan Asnawi, membantah jika gas melon langka di Mateng.

Ia menduga kekurangan stok disebabkan banyak oknum yang tidak berhak juga ikut menggunakan. Padahal sudah dijelaskan bahwa gas 3 kg hanya diperuntukkan bagi warga berpenghasilan rendah. Namun mereka tidak peduli, bahkan diduga sejumlah pengusaha juga ikut serta menggunakan gas bersubsidi itu. 

"Sebenarnya gas tidak langka. Tapi masih banyak oknum yang tidak berhak, juga turut menggunakan gas melon. Termasuk warung-warung," jelas Asnawi.

Masalah ini tentu sangat disesalkan Asnawi sebab HET sudah disosialisasikan. Bahkan ditegaskan bahwa Kepolisian akan menindak tegas jika menemukan pangkalan yang menjual diatas ketentuan. (jml/riz)


comments