Wujudkan Program Indonesia Sehat, Tim Puskesmas Messawa Turun ke Desa

On Senin, November 04, 2019

MASALEMBO.COM

Petugas Puskesmas Messawa melakukan pemeriksaan warga. (Frendy Cristian/masalembo.com)


MAMASA, MASALEMBO.COM - Jika beberapa waktu lalu sejumlah tenaga kontrak medis di RSUD Kondosapata Mamasa, Sulawesi Barat melakukan mogok kerja akibat gaji mereka tak dibayarkan serta tidak tersedianya alat pelindung diri bagi tenaga medis. Namun kali ini cukup berbeda dengan sejumlah tenaga medis yang berada di Kecamatan Messawa.

Puluhan tenaga medis yang berada di Puskesmas ini, turun langsung kelapangan mendatangi rumah-rumah penduduk guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Menuerut Kepalah Puskesmas Kristian, kegiatan dilakukan dengan mengunjungi rumah-rumah warga guna meningkatkan program Indonesia sehat dengan pedekatan keluarga.

Dalam kegiatan ini dilakukan sejumlah pemeriksaan dan penyuluhan terhadap keluarga yang dikunjungi, kemudian dilakukan pengobatan serta diarahkan untuk rutin ke Pustu atau Puskesmas melakukan kontrol terhadap pasien yang mebutuhkan penanganan medis lebih lanjut, seperti penderita hipertensi, DM atau TB serta penyakit lainnya.

“Ini rutin dilakukan di semua desa sebagai tindak lanjut atas hasil pendataan keluarga sehat tahun lalu dengan berpedoman pada peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 39 tahun  2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Kluarga,” ungkapnya kepada masalembo.com, Senin (4/11/2019).

Menurutnya, sebelum melakukan kunjungan keluarga, tim PIS-PK Puskesmas Messawa terlebih dahulu melakukan rapat memastikan dan mengecek petugas yang akan turun lapangan sesuai dengan permasalahan yang ada di masyarakat.

“Karena intervensi keluarga melibatkan lintas program yang ada di Puskesmas, jadi jika yang bermasalah adalah air bersih, jamban, penderita TB atau hipertensi, maka yang turun lapangan adalah petugas sanitasi, petugas TB, dokter dan perawat,” kata Kristian.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi keluarga sehingga indeks kesehatan keluarga meningkat menuju Indonesia Sehat. (fre/har)

comments