34 Paket Alat Bantu Penyandang Disabilitas Diserahkan di Mateng

On Friday, December 27, 2019

MASALEMBO.COM


Penyerahan alat bantu bagi penyandang disabilitas di Mamuju Tengah. (Foto: Yasin/Humas Setda Mateng)


MATENG, MASALEMBO.COM - Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Wirajaya Makassar bekerja sama Dinas Sosial Kabupaten Mateng menyerahkan bantuan kursi roda dan kruk (alat bantu jalan tongkat), Jum'at  (27/12/2019).

Alat bantu penyandang disabilitas tersebut diserahkan secara simbolis di halaman kantor bupati Mamuju Tengah oleh Sekkab Mateng H Askary Anwar, didampingi Asisten Bidang Administrasi Umum Bahri, Kadis Sosial Hj Asmira Djamal, serta Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Wirajaya di Makassar Dwi Mahayu Sumarno.

Pada kesempatan tersebut, Sekkab H Askary Anwar menyampaikan, pemerintah menyerahkan bantuan kursi roda dan kruk bagi penyandang disabilitas agar dapat dimanfaatkan untuk memudahkan aktivitas kerja mereka setiap hari.

Bantuan yang di berikan ini kata Askary, sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah terhadap penyandang disabilitas di Kabupaten Mamuju tengah.

"Semoga ini dapat bermanfaat dan berarti bagi mereka dalam rangka mengisi aktivitas setiap harinya. Kita juga berharap semua penyandang disabilitas yang ada di Mamuju Tengah dapat bekerja sesuai dengan kemampuan dan keahliannya masing-masing, sehingga mereka dapat meningkatkan tarap hidupnya untuk labih baik kedepannya," ujar Askary.

Sementara itu, Dwi Mahayu Sumarno dari Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Wirajaya di Makassar, berharap bantuan ini bisa menjadikan klayen lebih produktif, membantu meringankan beban tapi tujuan utamanya adalah mereka dapat produktif dan tidak mengandalkan orang lain, tetapi mereka punya kemandirian.

"Melalui bantuan ini kami berharap kemandirian. Sebelum memberi bantuan kami diberitahu klayennya supaya bantuan tepat sasaran," kata Wirajaya. 

Wira mengatakan, untuk kursi roda misalnya, itu bermacam-macam, karenanya sebelum memberi bantuan agar ada informasi identifikasi kasus sehingga memberikan alat bantu yang sesuai dengan kapasitasnya, peruntukan, fungsinya dan sesuai untuk mendorong produktivitas penyandang disabilitas. "Inilah tujuan utama kami," terangnya.

Ditempat yang sama, Kadis Sosial Mateng Hj Asmira Djamal menjelaskan bahwa alat bantu untuk para penyandang disabilitas ini sebanyak 34 paket. Bantuan itu terdiri atas kursi roda 19 buah, dan kruk (alat bantu jalan tongkat) 15 buah.

"Kita berharap, kepada seluruh disabilitas penerima bantuan alat ini, bisa menggunakan alat bantu tersebut sebaik mungkin, bisa bermanfaat dan dirawat sehingga bisa dipergunakan untuk membantu dalam menunjang aktifitas sehari hari," harap Asmira. (ysn/har)

comments