RPP Desa Milik KPU Enrekang, Dapat Kunjungan Dari KPU Kota Parepare

On Jumat, Desember 27, 2019

MASALEMBO.COM



ENREKANG, MASALEMBO.COM - Rumah Pintar Pemilu (KPU) Kabupaten Enrekang dapat kunjungan dari Komisioner KPU Kota Parepare, Firman Mustafa.

Firman tiba di KPU Enrekang sekitar pukul 10.00 Wita dan diterima langsung oleh Komisioner KPU Enrekang, Muhammad Yunus dan Baharuddin.

Maksud kunjungannya adalah melihat lebih dekat kegiatan dan aktivitas RPP KPU Enrekang, termasuk RPP Masuk Desa yang merupakan inovasi terbaru dari KPU Enrekang di Desa Cemba.

Muhammad Yunus selaku Ketua Divisi Sosialisasi, Penlih dan Parmas, KPU Enrekang dalam merespon kunjungan dari KPU Parepare mengatakan kehadiran Firman Musfata yang juga Ketua Divisi Sosialisasi, Penlih dan Parmas, KPU Kota Parepare adalah suatu keistimewaan untuk RPP KPU Enrekang.

“Kedatangan rekan dari KPU Kota Parepare tentunya sangat bermanfaat untuk pengembangan RPP kita disini, ini salah satu penguatan untuk RPP KPU Enrekang,” ujarnya.

Selain itu, kita juga memanfaatkan kesempatan ini untuk bertukar pikiran terkait pengelolaan RPP di KPU Kota Parepare, sambungnya.

Sementara itu, Firman mengatakan bahwa RPP KPU Enrekang sudah cukup dan ruangan pun luas.

Ini cukup representasif untuk mengakomodasi seluruh kegiatan RPP, misalnya diskusi atau kegiatan sejenisnya, ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Firman juga menyempatkan sharing terkait kegiatan RPP di KPU Parepare.

Untuk RPP di KPU Parepare, Alhamdulillah sudah cukup massif, kami banyak audiensi dengan kalangan pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum.

Misalnya mahasiswa IAIN Parepare, belum lama ini sempat berkunjung ke RPP KPU Parepare sebelum mengadakan Pemilihan Pengurus BEM, katanya.

Firman melanjutkan, mereka datang belajar terkait mekanisme penyelenggaraan pemilihan dengan calon tunggal.

Terkiat RPP Desa yang merupakan inovasi KPU Enrekang, Firman mengatakan ini sebuah upaya cerdas dan tepat yang dilakukan oleh di KPU Enrekang.

“RPP Masuk Desa yang digagas oleh rekan-rekan KPU Kabupaten Enrekang adalah sebuah terobosan yang cerdas mengingat Kabupaten Enrekang dari sisi geografisnya memang sangat mendukung,” jelasnya.

Kondisi geografis di Kabupaten Enrekang ini kan cukup ekstrim, pegunungan dan daerah banyak yang sulit dijangkau. Sehingga inovasi ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat desa, salah satunya akses informasi seputar kepemiluan dan demokrasi semakin mudah dijangkau, tuturnya.

RPP Masuk Desa yang dilaunching pada tanggal 05 November 2019 lalu merupakan inovasi KPU Kabupaten Enrekang dan pertama kalinya hadir di Indonesia.

Kehadiran RPP Masuk Desa sebagai upaya untuk memaksimalkan pendidikan politik dan demokrasi khususnya bagi masyarakat di desa. (bhr/red)

comments