Dinas Koperindag Sulbar Libatkan UMKM Studi Banding di Malang

On Rabu, Desember 11, 2019

MASALEMBO.COM



MAMUJU, MASALEMBO.COM - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Provinsi Sulbar melakukan studi banding di Bantu Malang, Jawa Timur, dalam rangka pelatihan pemasaran dan pengemasan produk UKM dan IKM, 11-14 November 2019.

Kasi Perdagangan Luar Negeri Diskoperindag Sulbar, Muh. Najib Ali mengakui studi banding yang dilaksanakan di Malang memperkenalkan produk hasil olahan Provinsi Sulbar yang bergerak pada olahan makanan dan minuman.

"Pelatihan ini kami fokuskan kepada UMKM/IKM yang memang memiliki kelemahan kepada segi kemasan, misalnya tidak punya nama, merek, label, logo dan konten-konten kemasan lainnya sehingga diharapkan setelah pelatihan ini peserta memiliki nilai lebih terutama bagi produk-produknya", tuturnya, Selasa (20/12/2019).

Najib mengatakan, dalam memperkenalkan produk hasil olahana di Sulbar sangat diakui, hanya yang menjadi kekurangan adalah dari segi kemasan.

"Setelah kita magangkan mereka (UMKM/IKM), hasilnya bisa terlihat, cuma kita masih standar soal kemasan. Ini yang akan kita mantapkan lagi," ucapnya.

Najib menambahkan, pelatihan ini dikhususkan untuk UMKM atau pelaku industri rumahan yang ingin meningkatkan nilai produk lewat kemasannya. 

"Pentingnya kemasan untuk meningkatkan nilai tambah produk dan dapat diterapkan langsung untuk bisnisnya. Tidak hanya itu saja, peserta juga akan dibekali dengan berbagai materi, seperti: Pengetahuan tentang cara membedakan kemasan berdasarkan fungsi jenis dan bahannya, standar kemasan yang sesuai dengan produk mereka, cara dan peraturan labeling untuk produk mereka, yang meliputi informasi yang tercantum dalam kemasan, mengetahui persyaratan dan ketentuan tentang lebel dan juga pengetahuan tentang pendaftaran Dinkes dan PIRT," jelasnya. (dir/red)

comments