-->

Hot News

Gubernur Banten Instruksikan Banjir Teratasi Cepat

By On Kamis, Januari 02, 2020

Kamis, Januari 02, 2020


TANGERANG, MASALEMBO.COM - Gubernur Banten Wahidin Halim meninjau langsung beberapa titik   banjir  yang terjadi di berbagai lokasi di Provinsi Banten, Rabu (1/1/2020). Bajir diakibatkan oleh hujan deras sejak semalam. 

Gubernur Banten mengunjungi lokasi banjir di Ciledug Indah, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Melihat kondisi tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim langsung menginstruksikan agar Organisisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Kesehatan Provinsi Banten agar langsung menuju ke beberapa lokasi bencana banjir. Ada beberapa lokasi banjir baik di Lebak,Tangerang, dan Tangerang Selatan guna membantu  Kabupaten dan Kota yang wilayahnya terkena banjir.

Satgas BPBD Prov Banten telah disiagakan selain untuk membantu BPBD setiap Kabupaten dan Kota juga dalam rangka memonitor musibah banjir yang terjadi di wilayah beberapa titik lokasi, agar dapat terantisipasi dengan cepat.

Selain itu, Gubernur Banten memerintahkan dinas teknis terkait agar semua informasi di lapangan dapat dikumpulkan dengan segera mengingat hujan dengan intensitas tinggi banyak  mengakibatkan banjir bandang, longsor, dan meluapnya beberapa sungai. Hal ini dapat memutus berbagai akses jalan sehingga masyarakat dapat segera mendapatkan bantuan serta informasi secara jelas dan selanjutnya agar dapat segera dilakukan langkah-langkah sesegera mungkin terutama yang berkaitan dengan akses jalan, jembatan, penyediaan air bersih maupun dapur umum.

Dari beberapa informasi  monitoring di wilayah, terdapat beberapa kecamatan di Kab Lebak akibat banjir Bandang Sungai Ciberang di antaranya beberapa kampung di di Kecamtan Lebakgedong, Kecamatan Cipanas, Kecamtan Lebakgedong,  Kecamatan Bayah, yang terkena dampak banjir. 

Sementara di, Kota Tangerang Selatan beberapa perumahan yang terkena dampak banjir di antaranya Perumahan Gading Serpong, dan di Kota Tangerang yang mendapatkan dampak terbesar dari meluapnya kali Pesanggrahan adalah perumahan Ciledug Indah.

Seperti diketahui dari semalam hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Banten,  deras curah hujan dengan waktu yang cukup lama hingga pagi hari telah mengakibatkan meningginya debit air. Akibatnya beberapa sungai yang  meluap dan membanjiri perkampungan maupun perumahan-perumahan warga, terutama lokasi yang berada di sekitar bantaran sungai. (pur/red)

comments