-->

Hot News

Berkunjung ke Sarung Allo, Ali Baal: Harapan Kita Ojek Wisata Ini Lebih Maju

By On Sabtu, Januari 25, 2020

Sabtu, Januari 25, 2020

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar bersama rombongan menghadiri pesta adat, Pesta buah dan makanan tradisional di objek wisata Sarung Allo, Dusun Bala, Desa Papandangan,  Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar. (Foto: Kominfo Sulbar)


POLMAN, MASALEMBO.COM - Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar bersama rombongan menghadiri pesta adat, pesta buah dan makanan tradisional di objek wisata Sarung Allo, Dusun Bala, Desa Papandangan, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar, Sabtu (25/1/2020).

Di kesempatan ini, Gubernur ABM berharap objek wisata itu dapat lebih maju. Kata dia, objek wisata itu bisa lebih berkembang serta bermanfaat untuk warga sekitar.

"Mari kita memanfaatkan suasana alam yang indah ini dengan sebaik-baiknya," pinta Ali Baal Masdar.

Gubernur juga meminta, dukungan seluruh unsur terkait, baik pemerintah daerah maupun warga tentang  program MARASA. Ia berharap masyarakat sekitar dan paling utama Pemerintah Desa Papandangan mampu mengangkat kembali objek wisata Sarung Allo yang sempat hilang dalam dunia wisata dikarenakan tidak tersentuh pengelolaan yang baik. 

Lebih lanjut disampaikan, sekiranya objek wisata tersebut dapat selalu dijaga dan terus dilestarikan agar terhindar dari pencemaran lingkungan sehingga dapat terus dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Sulawesi Barat. 

"Tempat ini memang sudah lama menjadi objek wisata yang berbudaya, tinggal kedepan perlu dikembangkan lagi," sebut Ali Baal.

Kepala Desa Papandangan, Makmur mengemukakan, suatu kesyukuran kepada Allah SWT atas kehadiran Gubernur Sulbar yang telah menyempatkan hadir dalam acara tersebut walaupun telah dipahami bahwa seorang Kepala Daerah memiliki banyak kesibukan. 

"Mudah-mudahan tahun-tahun mendatang kegiatan ini bisa lebih meningkat dan bisa dihadiri oleh pemangku-pemangkku adat lainnya," sebut Makmur.

Sekretaris Adat Sesepuh Keluarga Besar Palili, Saini SP menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan ajang silaturrahmi bagi para pemangku adat dan seluruh lapisan masyarakat sehingga tercipta suatu harmonisasi  untuk membnagkitkan kembali suatu nilai budaya yang terpendam seperti pesta adat, pesta buah dan makan-makan dengan sajian khas adat Palili. 

"Kami dari pemangku adat berharap destinasi wisata ini dapat terangkat begitupun bagi budaya-budaya yang ada dapat terus digaungkan agar dapat menjadi icon di Palili Desa Papandangan Kabupaten Polman," bebernya.

Pesta adat tersebut turut dihadiri para pemangku adat, lembaga adat, para Tomakaka, para kepala OPD Pemprov Sulbar dan undangan lain. (Farid/adv).

comments