-->

Hot News

Contohkan Cara Cegah Corona, Jokowi Unggah Video di Youtube

By On Kamis, Maret 05, 2020

Kamis, Maret 05, 2020


JAKARTA, MASALEMBO.COM - Presiden Joko Widodo mencontohkan cara mencegah penyebaran virus Corona jenis baru (COVID-19) melalui video di saluran Youtube Sekretariat Presiden berjudul “Cara Cegah Korona”.

“Tidak perlu takut secara berlebihan dengan yang namanya virus corona karena virus corona dari data yang saya terima, 94 persen lebih penderitanya dapat disembuhkan, untuk itu kita perlu melakukan hal-hal seperti ini,” kata Presiden Jokowi saat pembukaan video tersebut.

Video itu baru dirilis pada Kamis (5/3/2020) sekitar pukul 18.00 WIB.

Presiden yang mengenakan kemeja putih dengan lengan tergulung itu lalu mencuci tangan di wastafel di satu kantin yang masih ada di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta.

“Pertama jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir dan dengan sabun,” kata Presiden sambil mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar dan waktu mencuci tangan selama 20 detik.

Selanjutnya suara narator pun berlanjut dengan sejumlah anjuran mencegah virus corona.
Pertama, hindari menyentuh mata hidung dan mulut karena telapak tangan rentan menyentuh banyak benda yang terkontaminasi virus.
Kedua, jaga jarak dengan siapa pun yang batuk atau bersin karena virus korona menyebar melalui “droplet” atau tetesan yang ke luar saat batuk atau bersin.

Ketiga, berikan masker kepada yang sakit.

“Cukup sederhana, dan mudah dilaksanakan,” ungkap Presiden.

Mengakhiri video tersebut, Presiden pun meminta masyarakat untuk tidak cemas, panik dan takut.

“Jadi sebenarnya musuh terbesar kita saat ini adalah bukan virus itu sendiri, tapi rasa cemas, rasa panik, rasa ketakutan, dan berita hoaks serta rumor. Kita sebenarnya harus yakin dengan fakta, informasi, solidaritas bersama, dan gotong royong,” tambah Presiden.

Diberitakan sebelumnya, Indonesia memiliki dua kasus positif COVID-19 yang dinamakan kasus 1 dan kasus 2 yaitu seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya berusia 31 tahun di Depok, Jawa Barat. Keduanya sejak 1 Maret 2020 dirawat di RS Penyakit Infeksi Sulianti Suroso.

Hingga saat ini sudah ada 65 negara termasuk Indonesia yang mengonfirmasi kasus positif COVID-19 di negaranya. (Red)

comments