Polres Konawe Sidak Apotek dan Mini Market, Penimbun Masker Dibidik

On Friday, March 06, 2020

MASALEMBO.COM

Kabag OPS Polres Konawe, Kompol Jupri Andi Singke, saat melakukan sidak dan bersosialisasi di salah satu Apotek di Unaaha. (Foto: Redaksiana.id)


KONAWE, MASALEMBO.COM - Maraknya pedagang serta oknum yang melakukan penimbunan masker sejak virus corona muncul, menjadi salah satu target yang dibidik pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pada Kamis (5/3/2020), Kepolisian Resort (Polres) Konawe melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah apotek dan mini market di Kecamatan Unaaha. Sidak tersebut dipimpin Wakapolres Kompol Jajang Kiswara.

Kata Jajang, sidak itu merupakan bagian dari upaya pencegahan adanya oknum yang mencoba memainkan harga masker pasca isu virus korona.

Selain itu di kegiatan kali ini pihaknya juga mempertanyakan ke pedangan terkait harga jual masker di pasaran yang diduga melambung jauh lebih dari harga sebelumnya.

“Kami mengecek sejumlah tempat penjualan masker, seperti apotek serta mini market agar tidak terjadi penimbunan masker, serta menghimbau para penjual untuk melakukan penjualan sesuai harga biasanya," ungkapnya saat ditemui usai sidak.

Sembari melakukan sidak, pihak Polres Konawe juga turut melakukan sosialisasi kepada pemilik apotek dan mini market untuk tidak menjual masker lebih mahal dari harga standar yang sudah ditentukan.

“Kami juga sekaligus lakukan sosialisasi harga masker yang harus dijual dengan harga sewajarnya, tujuannya agar masyarakat kecil bisa menjangkau, “ucap Jajang.

Berdasarkan hasil sidak itu, Polres Konawe menemukan bahwa saat ini stock masker di Konawe terbilang langka.

“Setelah kami menggelar sidak, faktanya sejumlah apotek dan tempat-tempat penjualan masker lainnya, itu langka, karena pihak distributor yang mulai membatasi pendistribusian masker," beber Wakapolres.

Kata dia, selain di Kecamatan Unaaha, pihaknya juga akan melakukan sidak di beberapa titik lainnya. “Intinya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga. Dan bukan hanya di Unaaha saja, kita akan sidak dibeberapa tempat lainnya," terangnya. (*)

Sumber: redaksiana.id

comments