Mahasiswi Asal Mateng Dievakuasi Tim Medis Covid-19

On Sunday, March 29, 2020

MASALEMBO.COM



MAMUJU, MASALEMBO.COM - Seorang mahasiswi asal Kabupaten Mamuju Tengah dievakuasi tim medis penanganan Covid-19 di Bandara Tampa Padang Mamuju, Minggu (29/3/2020).

Mahasiswi itu dievakuasi lantaran mengalami suhu badan (demam) diatas normal yakni 39 derajat celcius ke RS Regional Sulawesi Barat, di Jalan Martadinata, Kabupaten Mamuju.

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 (Corona), H. Suaib membenarkan evakuasi mahasiswi berusia 19 tahun itu. 

"Iya benar. Ada seorang mahasiswi asal Mateng dievakuasi ke RS Regional Sulbar karena alami demam tinggi," jelas Suaib. Minggu (29/3/2020).

Suaib mengatakan, untuk status pasien mahasiswi tersebut masih menunggu hasil pemeriksaan tim dokter. 

"Kita masih tunggu hasilnya dari tim dokter. Intinya kita tidak bisa menerka-nerka dan berspekulasi," kata Suaib. 

Sementara Koordinator PSC 119, dan juga Anggota Tim Gugus Penanganan Covid-19, yang melakukan evakuasi terhadap mahasiswi asal Mateng, H. Burgan menjelaskan, pihaknya menerima laporan adanya mahasiswi yang mengalami demam tinggi di Bandara Tampa Padang Mamuju.

"Dari laporan itu, kita kemudian bergerak untuk segera dilakukan evakuasi ke RS Regional untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan medis," ucapnya.

Dia mengatakan, evakuasi dilakukan oleh tiga orang tim gugus (anggota PSC 119) dan telah sesuai dengan standar prosedur penanganan Covid-19 yang dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) yang baru diterimanya dari Pemprov Sulbar.

Burgan mengatakan pelayanan kedaruratan PSC 119 semakin dimaksimalkan utamanya dalam penanganan Covid-19, dengan disiapkan tujuh petugas dengan jadwal piket setiap delapan jam yang akan dirolling setiap harinya.

"Tujuh petugas itu terdiri satu sopir, satu operator dan lima tenaga perawat," sebutnya. (dir/red)

comments