Dandim 1427 Pasangkayu Salurkan Bantuan Sembako ke 6 Desa Terendam Banjir

On Wednesday, May 06, 2020

MASALEMBO.COM

Komandan Kodim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Kadir Tangdiesak menyerahkan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir. (Edison S/Masalembo.com)


PASANGKAYU, MASALEMBO.COM - Akibat luapan air sungai Lariang, enam desa di wilayah Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat terkena dampak banjir. Mengetahui hal itu, Komandan Kodim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Kadir Tangdiesak bersama Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian langsung turun ke lokasi. Mereka melakukan pemantauan wilayah sekaligus membagi bantuan sembako, Selasa (5/5/2020).

Saat diwawancarai, Dandim 1427 Letkol Inf Kadir Tangdiesak menjelaskan, enam desa terkena banjir akibat intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir. Sehingga, debit air di hulu sungai Lariang meluap. Enam desa terdampak banjir yakni Desa Ompi, Sumbersari, Godang, Lariang, Bambakoro dan Desa Batumatoru.

"Keenam desa tersebut terendam banjir rata rata ketinggian air mencapai sekitar 40 sampai 50 cm," ungkapnya.

Kadir Tangdiesak juga menjelaskan, selain meninjau secara langsung lokasi banjir, dirinya juga menyempatkan untuk berinteraksi dengan masyarakat yang rumahnya terendam, sekaligus menyerahkan bantuan sembako.

Adapun sembako yang diberikan berupa beras, mie instan, minyak goreng dan gula. Mereka beri kepada masyarakat yang sangat membutuhkan untuk meringankan beban mereka.

Kadir Tangdiesak menyampaikan, kepada para korban banjir yang ada di Desa Ompi dan Sumbersari bahwa Kodim 1427 siap membantu masyarakat kapan saja untuk mengevakuasi warga. Dandim meminta warga segera mengungsi ke posko-posko penanggulangan banjir terdekat dengan bantuan para babinsa, apabila elevasi ketinggian air bertambah.

"Kami dari TNI akan terus memantau perkembangan banjir ini dan dengan segera melakukan kordinasi oleh dinas terkait dalam menanggulangi musibah dan korban banjir sedini mungkin," pungkas Kadir. (eds/har)

comments