-->
https://rajaview.id/l1zfvR2Icz3Zr9hvg4vbpSO76Foy6i8uVNn6HXHq

Hot News

Ali Baal Serahkan Bantuan UMKM-IKM Terdampak Covid-19 di Majene dan Polman

On Friday, July 31, 2020

MASALEMBO.COM


Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menyerahkan bantuan UMKM dan IKM di Majene. (Dinas Kominfo Sulbar)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar kembali melakukan penyerahan bantuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM), Kamis 30 Juli 2020. Kali ini bantuan terdampak Covid-19 itu diberikan untuk UMKM dan IKM di Kabupaten Majene dan Polewali Mandar.

Data yang diterima laman ini, untuk Kabupaten Majene, sebanyak 131 penerima IKM dengan nilai sebesar Rp289.500.000 dan 151 penerima UMKM dengan niilai sebesar Rp421.000.000.Total bantuan sebesar Rp710.500.000.

Sementara untuk Kabupaten Polman bantuan diberikan kepada 556 UMKM dengan jumlah bantuan sebesar Rp1.341.000.000 sedangkan bantuan modal untuk IKM sebanyak 1.024 IKM dengan jumlah bantuan sebesar Rp2.478.000.000. Total keseluruhan bantuan modal untuk Kabupaten Polman sebesar Rp3.819.000.000.

Di Kabupaten Majene, penyerahan bantuan diserahkan di Ruang Pertemuan Kantor Bupati Majene sementara di Polman diserahkan di Taman Sport Center Polewali.

Gubernur Sulbar Ali Baa Masdar mengatakan, meskipun dalam masa pandemi covid-19 seperti saat ini, harus tetap bersemangat dalam melaksanakan aktifitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. "Kita tidak boleh terlalu takut, tapi juga tidak boleh lengah, untuk itu harus tetap jaga pola hidup bersih dan terapkan protokol kesehatan," kata Ali Baal.

Untuk itu, sambungnya, bantuan yang diberikan kepada pelaku usaha ini harus betul-betul dimanfaatkan dengan baik. Hal itu bertujuan dalam rangka pemulihan ekonomi guna menghidupkan kembali UMKM dan IKM yang melemah akibat covid-19.

"Jangan sampai bantuan itu habis begitu saja, padahal itu kita berikan untuk modal usaha karena kita tahu Covid-19 ini sangat mempengaruhi kondisi perekonomian kita," sambungnya.

Ia juga mengatakan, dari bantuan yang diberikan oleh Pempov Sulbar kepada UMKM dan IKM mungkin belum semua dapat. Untuk itu Ia meminta kepada instansi terkait agar mendata yang belum menerima agar nantinya juga diberikan bantuan pada tahap selanjutnya, dengan tetap harus melengkapi data sesuai yang dipersyaratkan.

Untuk bantuan tersebut, akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing pelaku UMKM dan IKM.

Pejabat Sekda Majene Burhan di kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemprov Sulbar kepada pelaku UMKM dan IKM di Majene. Selain bantuan Pemprov Sulbar untuk UMKM IKM, kata Burhan, Pemkab Majene juga telah menyerahkan bantuan sebesar Rp1,5 miliar. "Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memulihkan ekonominya," kata Burhan.

Terpisah, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar menyampaikan, di Polman terdapat 78 ribu UMKM dan 6.300 IKM. Untuk UMKM diusulkan sebanyak 656 namun yang terealisasi sebanyak 556 dengan total bantuan sebesar Rp3,8 miliar. Sedangkan IKM yang diusulkan sebanyak 6.300, namun yang terealisasi sebanyak 1.024.

"Kedepan, kalau masih ada bantuan untuk UMKM dan IKM diharapkan ada penambahan, karena di tahap kedua saat ini banyak sekali pendaftar yang datang ke Dinas Koperindag mendengar ada bantuan dari Gubernur, sehingga hal ini betul-betul kita menyaring jangan sampai ada penerima yang bukan berasal dari UMKM-IKM," kata Andi Ibrahim.

Selain penyerahan bantuan UMKM dan IKM, di Kabupaten Majene Gubernur Sulbar juga menyerahkan bantuan hibah keagamaan sebesar Rp3.434.000.000, terdiri dari 77 mesjid sebagai penerima, 20 Taman Pendidikan Alquran (TPA), 22 madrasah dan dua majelis taklim. (Adventorial)


comments