-->
https://rajaview.id/l1zfvR2Icz3Zr9hvg4vbpSO76Foy6i8uVNn6HXHq

Hot News

Ternyata Ini Program Fahmi-Lukman yang Dinilai Paling Menyentuh Masyarakat

On Thursday, August 06, 2020

MASALEMBO.COM

Alat berat mulai membersihkan lokasi pembangunan Sport Centre di Desa Kabiraan Kecamatan Ulumanda. Sport Centre ini dibangun melalui program 1M1K. (foto: Muhammad Arif untuk masalembo.com)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Di penghujung pemerintahan bupati Majene Fahmi Massiara dan wakilnya Lukman, program pembangunan Rp1 miliar untuk satu kecamatan kembali bergulir. Seperti di Kecamatan Ulumanda, program yang dikenal dengan 1M1K ini dialokasikan untuk pembangunan lapangan sport centre di Desa Kabiraan, pusat Kecamatan Ulumanda.

Camat Ulumanda Muhammad Arif mengatakan, pembangunan lapangan Sport Centre Kecamatan Ulumanda tersebut telah dimulai. Pemerintah setempat sejak beberapa hari lalu terus memantau progres jalannya proyek dari dana APBD Majene tahun 2020 itu.

"Pekerjaannya dimulai sejak 20 Juli dan akan berakhir nanti 17 Desember 2020," kata Muhammad Arif, Senin (3/8/2020) melalui unggahan Facebook miliknya.

Anggota DPRD Majene Muhammad Safaat terkait program tersebut mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Majene. "Kegiatan ini melalui program 1M1K pada semua Kecamatan di Kabupaten Majene. Program ini berjalan selama masa jabatan Fahmi-Lukman, sangat berdampak positif terhadap masyarakat," ujar Safaat.

Safaat mengatakan, program 1M1K merupakan kegiatan Pemda yang diplot dari hasil Musrenbang mulai dari tingkat desa kecamatan, hingga kabupaten. Karenanya program tersebut benar-benar murni dari bawah (bottom up) alias usulan masyarakat. "Itu sesuai kebutuhan masyarakatnya di masing-masing kecamatan," katanya.

"Jadi yang disepakati di tingkat kecamatan itulah yang jadi. Ini sekaligus menjawab bahwa dulu-dulu (sebelum Fahmi-Lukman) banyak program "siluman" yang tiba-tiba masuk bukan dari usulan dari masyarakat," pungkas Safaat.

Senada, warga yang juga tokoh pemuda Desa Sulai Kecamatan Ulumanda, Hammadia mengaku sangat bersyukur dengan hadirnya program 1M1K ini. Menurutnya, program yang digagas bupati Fahmi Massiara dan wakil bupati Lukman ini lebih nyata dampaknya ke masyarakat. Karenanya kata Hammadia berharap program tersebut perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan agar lebih efektif dari sisi pengawasan.

"Ini yang tingkat keberpihakannya terhadap rakyat sangat menyentuh," tuturnya. (har/red)





comments