-->

Peduli Lingkungan, PT SRL 1 Kader Ibu-ibu di Desa Bulumario

On Sunday, October 25, 2020

MASALEMBO.COM


PASANGKAYU, MASALEMBO.COM -- sebagai salah satu anak Perusahaan PT Astra Agro Lestari (AAL) yang bergerak di bidang perkebunan sawit, PT Suryaraya Lestari 1 (SRL1) berkomitmen untuk melaksanakan penerapan, pemeliharaan, pengembangan, perbaikan dan pengelolaan lingkungan hidup guna meminimalisir kemungkinan dampak lingkungan negatif dengan dapat mengembangkan pengaruh positif, serta memanfaatkan sumber daya alam dan manusia melalui program Astra Hijau.

Program yang digagas oleh PT SRL 1 bekerjasama dengan pemerintah Desa (Pemdes) Bulumario, Kecamatan Sarudu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar, merupakan program yang melibatkan ibu-ibu di desa Bulumario. Demi mewujudkan program Astra Hijau, selain melibatkan Ibu-ibu PKK Desa Bulumario, PT SRL1 juga melibatkan Kader Posyandu dan Kelompok Wanita Tani sebagai kader lingkungan di desa Bulumario dibawah binaan PT SRL1 melalui Departemen Education Sosial Enggagemen yang dikomandoi oleh Andi Ibrahim, Sabtu (24/10-2020).

Kader lingkungan Desa Bulumario yang telah terbentuk saat ini terdiri dari 6 ibu-ibu PKK dari 6 dusun, 10 ibu-ibu kader Posyandu Desa Bulumario, dan 30 ibu-ibu Kelompok Wanita Tani. Total 46 ibu-ibu kader lingkungan ini menjadi pelaksana program-program kegiatan yang akan dijalankan berupa penghijauan lingkungan seperti penanaman pohon dan bunga. Sementara itu juga akan dilakukan pembuatan kebun sayur dan toga sebagai ketahanan pangan desa dan pengelolaan sampah plastik dalam bentuk hasil karya yang bernilai jual.

Perwujudan kader-kader lingkungan desa Bulumario yang terbentuk ini juga sebagai ujung tombak dalam mengkampanyekan dan menggalakkan program-program seperti Program Penghijauan melalui Gerakan Peduli Lingkungan (GERLING), Program Kebersihan Lingkungan melalui Gerakan Kurangi Sampah Plastik (GERAK SAPA) serta Program Pengelolaan Sampah Terpadu (PPST) melalui Gerakan 5 R (Refine, Reduce, Reuse, Recycle, Recovery).

Ibu Nurlaela Jalil sebagai ketua PKK Desa Bulumario yang sekaligus sebagai ketua Kader Lingkungan menyampaikan apresiasinya kepada PT SRL1 atas program Astra Hijau yang melibatkan ibu-ibu di Desa Bulumario sebagai kader lingkungan yang nantinya sebagai penggerak dalam mengkampanyekan program-program penghijauan di Desa Bulumario.

"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada PT. Suryaraya Lestari 1 dengan adanya program Astra Hijau sehingga melibatkan ibu-ibu PKK, ibu-ibu Kader Posyandu, dan Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani yang ada di Desa Bulumario ini sebagai Kader Lingkungan yang nantinya akan mengkampanyekan program-program lingkungan setidaknya diawali di lingkup dusun masing-masing kader. Kita tahu bahwa ibu-ibu yang terlibat dalam kader lingkungan ini sudah mewakili 6 dusun yang ada di Desa Bulumario ini dan saya berharap Kader lingkungan yang terbentuk ini dapat menjadi kader pembaharuan dalam penghijauan lingkungan di Desa Bulumario", ujarnya.

Sementara itu PIC Program Astra Hijau dari PT SRL1, Andi Ibrahim, mengatakan program Astra Hijau ini merupakan bentuk kepedulian PT SRL1 dalam hal lingkungan di Desa Bulumario.

"Alhamdulillah hasil diskusi saya dengan bapak Burhan selaku kepala desa Bulumario terkait program Astra Hijau mendapat respon dan dukungan yang positif dari beliau sehingga hari ini kami membentuk Kader Lingkungan yang melibatkan ibu-ibu PKK, kader Posyandu, dan Kelompok Wanita Tani yang ada di desa Bulumario dengan harapan nantinya turut aktif dalam menjalankan Program Pengelolaan Sampah Terpadu, Gerakan Kurangi Sampah Plastik, dan Program Kebun Sayur, Penanaman Pohon, dan Pembuatan Lubang Biopori di wilayah desa Bulumario ini", harapnya.

Andi Ibrahim juga menambahkan bahwa program Astra Hijau ini secara bertahap akan diterapkan pula di desa-desa yang lain yang menjadi binaan PT SRL 1. (Adv/eds)

comments
close
Banner iklan disini