-->

Demi RKPDES TA 2021, Desa Bambaira Laksanakan Musrenbang

On Selasa, November 24, 2020

MASALEMBO.COM



PASANGKAYU, MASALEMBO.COM - Sebagai salah satu tahapan penetapan rencana kerja Pemerintah Desa (RKPDES) Tahun Anggaran (TA) 2021 di Desa Bambaira, Kecamatan Bambaira, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar, Pemerintah Desa (Pemdes) Bambaira laksanakan Musyawarah perencanaan pembangunan Desa (MusrenbangDes) dengan tema "Melalui Musrenbang Desa kita tingkatkan pembangunan berlandadkan asa manfaat, menuju Desa Sehat, mandiri, cerdas, transparansi dan akuntabel", Selasa (24/11-2020).

Turut hadir di antaranya Kepala Desa (Kades) Bambaira Rahmatullah, Sekertaris Camat (Sekcam) Bambaira Andi Windra, Ketua BPD Desa Bambaira Firdaus, Babinsa 1427-02/Randomayang (Rdy) Serda Ruslin, Bhabinkamtibmas Desa Bambaira Ismail H, Tokoh Masayarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan seluruh perangkat Desa hingga tingkat Dusun.

Dalam sambutannya, Kepala Desa (Kades) Bambaira, Rahmatullah, menyampaikan agar Masyarakat dan perangkat Desa dapat menyiapkan rencana prioritas dengan tetap memperhatikan program rencana jangka menengah Desa Bambaira. Ia juga berharap seluruh mitra Desa dapat duduk bersama demi menggenjot keberhasilan pembangunan Desa dan daftar prioritas Desa hingga tingkat Dusin dapat ter verifikasi.

"Adapun perencanaan yang akan di usulkan diantaranya Menanggulangi atau mengurangi angka kemiskinan melalui bedah rumah, pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak dan menjaga kesehatan Ibu, melestarikan kebersihan hidup dan membina anak muda dalam mengembangkan bakatnya baik dalam ke Agamaan maupun Olah raga," ungkapnya.

Tidak jauh beda yang di ungkapkan Ketua BPD Desa Bambaira, Firdaus, yang berharap agar semua program yang di usulkan dapat bermanfaat bagi Desa terutama bagi Masyarakat.

"Semoga apa yang kita sepakati hari ini dapat bermanfaat bagu kita semua dan menggenjot pembangunan di Desa kita ini," harapnya.

Sementara itu selaku Aparat keamanan, Babinsa 1427-02/Randomayang (Rdy) Serda Ruslin dan Bhabinkamtibmas Desa Bambaira Ismail menyampaikan agar seluruh yang hadir untuk tetap memperhatikan protokol Kesehatan terutama selalu menggunakan masker.

Selain itu, Babinsa juga menyampaikan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan gotong-royong setiap hari Jumat.

"Mari menjaga kebersihan bersama dengan membangun jiwa gotong-royong," pintanya.

Sekcam Bambaira, Andi Windra, dalam sambutannya menyampaikan permohonan maafnya atas segala kekurangan dan keterbatasan yang ada. Ia juga menyampaikan agar di tingkat Dusun sudah dapat melihat apa yang dibutuhkan.

"Inilah gunanya ada tim verifikasi yang tergabung dari para Tokoh dan BPD agar dapat mendata hingga tingkat Dusun semua program prioritas yang benar-benar bermanfaat bagi Masyarakatnya," ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan agar dalam perencanaan kali ini tidak mengusulkan program yang sifatnya pribadi atau demi kepentingan segelintir orang, namun semua haruslah demi kemaslahatan bersama demi terciptanya keberhasilan pembangunan di Desa.

"Jangan berharap apa yang menjadi kebutuhan Masyarakat dapat terealisasi tanpa adanya pengusulan didalam Musrenbang, karena Musrenbang merupakan tempat Masyarakat dapat memberikan masukan tentang program Desa dan kebutuhan yang bersentuhan langsung dengan Masyarakat itu sendiri," pungkasnya.

Usai menyampaikan sambutannya, sebagai perwakilan Camat Bambaira, Sekcam Bambaira Andi Windra, langsung membuka secara simbolis MusrenbangDes Bambaira TA 2021. (Eds)

comments