-->

Hot News

Pilkada Mamuju: Hasil Survei Ilmiah Gambarkan Kekuatan Kandidat

By On Minggu, November 15, 2020

Minggu, November 15, 2020


Ilustrasi (Net)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Kontestasi politik Pilkada Mamuju yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang mulai menunjukan titik terang siapa yang kuat.

Lobi-lobi politik hingga hasil survei menjadi pertimbangan dalam menentukan calon mana yang akan mereka beri dukungan. Belakangan, sejumlah lembaga survei kredibel bahkan telah merilis data hasil penelitian ilmiah mereka. Hasil survei ilmiah inilah yang menjadi gambaran kekuatan para kandidat dalam kontestasi mendatang.

Pengamat Politik Dr. Yaman Ali memberikan pandangan mengenai situasi Pilkada di Mamuju setelah melihat dari hasil survei tersebut. Ia mengatakan, perdebatan sering kali muncul dari sebuah hasil survei itu karena ada yang merasa diuntungkan serta ada juga yang merasa dirugikan. 

"Maka jika kita bicara tentang kebenaran dari sebuah hasil survei artinya kita bicara validitas serta tingkat kejujuran," katanya, Minggu (15/11/2020).

"Secara akademis hasil sebuah survei memang bisa dijadikan rujukan untuk mengukur kekuatan berdasarkan informasi dari keterwakilan populasi dari seluruh unit populasi yang ada," jelasnya.

Ali mengungkapkan, hasil survei sedikit banyaknya memang bisa mempengaruhi opini dan persepsi publik. Apalagi menjelang hajatan politik seperti ini, maka banyak orang berminat dan berniat menjadikan survei sebagai bahan pertimbangan untuk terjun atau tidak terjun ke dunia politik.

"Karena hasil survei bisa digunakan untuk mengukur diri atau menentukan langkah dalam menyusun strategi menuju sebuah kemenangan. Dalam bahasa militer itu kita butuh informasi kekuatan serta kelemahan lawan. Sebab kelemahan lawan itu adalah merupakan kekuatan kita. Tapi politik juga tidak boleh terlalu optimistis, meskipun juga kita tidak pula boleh pesimistis. Sikap hati-hati, waspada dan antisipatif sangat diperlukan bagi seorang petarung politik," terang lulusan Unhas 2007 ini. (*/red)

comments