-->

Foto, Puskesmas Ulumanda Nyaris Roboh Akibat Gempa 5,9 Magnitudo

On Thursday, January 14, 2021

MASALEMBO.COM

Kondisi Puskesmas Ulumanda di Desa Kabiraan, Kecamatan Ulumanda, Majene. (Foto: Ist/Masalembo.com)



MAJENE, MASALEMBO.COM - Seperti inilah gambar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ulumanda usai dihantam gempa 5,9 magnitudo, Kamis (14/1/2021) siang tadi. Puskesmas yang terletak di Desa Kabiraan, Kecamatan Ulumanda itu nyaris roboh. Sejumlah dinding roboh dan retak, kondisinya rusak parah.

"Saya juga baru dapat kabarnya, banyak kerusakan, petugas semua sudah mengungsi ke rumah warga," kata Kepala Puskesmas Kabiraan, Isma, Kamis (14/1) malam.


Dihubungi via telepon, Kepala Puskesmas Ulumanda Isma memastikan kerusakan terjadi akibat gempabumi siang tadi. Namun ia belum bisa memastikan kerugian yang dialami akibat peristiwa ini. "Saya lagi tidak ditempat, tadi (sebelum gempa) pulang karena ada rapatku," ujar Isma.

Camat Ulumanda Muhammad Arief yang dikonfirmasi terpisah membenarkan kerusakan berat pada gedung Puskesmas Ulumanda, Kabupaten Majene. Selain itu, sejumlah rumah warga di Kecamatan Ulumanda juga mengalami kerusakan.

"Banyak rumah warga yang roboh, di Sulai, Batulotong, termasuk di bagian pegunungan yang sudah dapat infonya di Kabiraan," kata Arief.


Camat Muhammad Arief, mengatakan, saat ini warganya masih sementara mengungsi di luar rumah. "Tadi saya keliling menghimbau semua sementara di luar rumah, kita dalam pengungsian," ujar Arief.

Arief belum bisa merinci jumlah rumah yang rusak, sementara masih dalam pemantauan. Warga juga hingga malam ini masih berada di pengungsian. Mereka mengungsi ke tempat-tempat ketinggian di Kota Tinggi, dan Desa Sambabo. (Har/Red)

comments