-->

Hot News

Mahasiswa STAIN Belajar Public Relation di Bagian Protokol Setda Majene

By On Selasa, Januari 12, 2021

Selasa, Januari 12, 2021

Mahasiswa STAIN Majene saat berkunjung ke Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Daeeah Setda Majene, Selasa 12 Januari 2021. (Foto: Sufyan Ilbas)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Dengan menerapkan protokol kesehatan Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Setda Majene menerima kunjungan mahasiswa STAIN Majene jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Selasa 12 Januari 2021. Mahasiswa diterima Kasubag Protokol Komunikasi Pimpinan Sufyan Ilbas dan Kasubag Dokumentasi Pimpinan Anugrawati di ruang rapat Wakil Bupati Majene.

Kunjungan tersebut terkait dengan pelaksanaan mata kuliah Dasar-dasar Public Relation dengan melakukan observasi komunikasi kinerja Humas Setda Majene. Dosen STAIN Majene Nurul Islam mengatakan, kunjungan tersebut akan memberikan pengalaman bagi mahasiswa dengan terjun langsung melihat praktik Publik Relation (PR), seperti pola komunikasi yang diterapkan baik secara internal ataupun eksternal.

"Kami juga ingin tahu bagaimana aktivitas humas di tengah pandemi ini, termasuk berbagai kegiatan pembuatan naskah naskah sambutan, pidato bupati dan news release," ucapnya.

Kasubag Protokol Komunikasi Pimpinan Sufyan Ilbas, menjelaskan kepada mahasiswa setiap agenda atau jadwal kegiatan pimpiman baik Bupati dan Wakil Bupati yang rutin di informasikan baik kepada wartawan dan setiap OPD. Bahkan, termasuk kostum yang akan digunakan para pejabat, jangan sampai tidak sesuai dengan tema ataupun jenis acara yang dikuti. "Semua jadwal kami share melalui grup WA, karna lebih cepat penyampaiannya, termasuk kepada teman-teman wartawan," ujar Sufyan.

Sekaitan dengan perubahan nomenklatur Humas menjadi Protokol Komunikasi Pimpinan, Kasubag Dokumentasi Pimpinan Anugrawati menjelaskan, bahwa perubahan dalam lingkup pemerintahan memang cukup dinamis, dengan mempertimbangkan kebutuhan yang ada saat ini. Secara pribadi ia mengaku sebenarnya lebih suka disebut humas, karna sudah sangat melekat di masyarakat. Namun karena hal tersebut menjadi aturan pemerintah pusat mau tak mau harus dijalankan, dipatuhi dengan penuh tanggung jawab.

"Sampai sekarang pun kami masih sering dipanggil humas," terangnya.

Keenam mahasiswa yang hadir, secara bergantian bertanya. termasuk kegiatan kerjasama media massa yang merupakan program kerja bagian Protokol Komunikasi Pimpinan. Setelah menjawab pertanyaan, mahasiswa kemudian diajak melihat lihat Ruangan Rapat Bupati, Ruang Tamu dan Ruang Kerja. Mereka juga diperlihatkan pengaturan Ruang Pola yang menjadi salah satu tempat untuk kegiatan pimpinan. (Ar/Red)

comments