-->

Rekrutmen Guru PPPK Tahun 2021, Dinas Pendidikan Majene Usul 732 Formasi

On Kamis, Januari 07, 2021

MASALEMBO.COM

Ilustrasi (inet)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat telah mengusulkan 732 formasi guru melalui skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Seperti diketahui, pemerintah akan membuka 1 juta formasi guru PPPK tahun ini melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Bidang Ketenagaan Disdikpora Majene, Nurdin mengatakan, Pemda Majene telah mengusulkan ke pusat, pihaknya juga telah mengikuti sosialisasi rekrutmen PPPK pada Desember 2020 lalu.

"Kita usulkan itu, sebanyak 732," kata Nurdin, Kamis (5/8/2020).

Meski demikian, ia belum mau memastikan berapa formasi yang dapat dibuka untuk Majene. Pihak Disdikpora Majene belum dapat memastikan apakah permohonan akan semua tercover dari 732 formasi yang diusulkan.

Terkait pelaksanaan rekrutmen guru PPPK ini, Nurdin mengatakan sesuai agenda yang disampaikan pada sosialisasi di Makassar, pelaksanaan tes PPPK akan digelar pada bulan September 2021. Pemerintah juga sudah mulai membuka penerimaan di sejumlah instansi untuk formasi CPNS.

Nurdin menjelaskan, seuai Undang-undang guru PPPK akan berstatus sebagai Apatur Sipil Negara (ASN) meski bukan PNS (Pegawai Negeri Sipil).

"Jadi di status ASN, namun bukan PNS, seperti itu kata undang; ASN terbagi atas dua ada PNS dan ada PPPK," ujarnya.

Dikatakan Nurdin, sebagaimana disampaikan pada sosialisasi di Makassar beberapa waktu lalu, rencana awal pelaksanaan tes PPPK pada bulan Maret tapi diundur ke September karena pandemi Covid-19.

Nurdin mengaku telah menerima petunjuk teknis (juknis) seleksi guru PPPK tahun 2021. Pelaksanaan tes rencana akan dilaksanakan di bulan September dengan model Computer Asissted Tes. (Har/Red)

comments