-->

BKKBN Sultra: Usia Pernikahan Idealnya 25 untuk Pria dan 21 Wanita

On Selasa, Maret 30, 2021

MASALEMBO.COM

Ilustrasi [net]


BUTON TENGAH, MASALEMBO.COM - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga  Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara, Asmar mengatakan usia pernikahan bagi remaja idealnya 25 tahun untuk pria dan 21 tahun untuk wanita.


Hal ini diungkapkan dalam acara pendampingan pelaksanaan edukasi penyiapan perencanaan kehidupan keluarga bagi remaja pada kelompok pik remaja dan bina keluarga remaja tingkat kabupaten Buton Tengah yang diikuti oleh mayoritas pelajar tingkat SMP dan SMK sederajat.


Asmar mengungkapkan pada jenjang usia tersebut baik bagi pria maupun wanita sudah dianggap matang secara fisik maupun mental untuk melakukan pernikahan. Sebab kata Asmar, banyak ditemukan kasus perceraian di Indonesia yang dipicu oleh remaja yang menikah dibawah usia.


"Untuk di Sultra sendiri rata-rata usia pernikahan itu berada di usia 19 tahun. Meskipun undang-undang sudah membolehkan umur 19 tahun sudah bisa menikah, kita berharap nanti hamil di usia 21 tahun," jelas Asmar, Selasa (30/03/2021).


Asmar menambahkan pihaknya telah memiliki kelompok remaja yang ada di sekolah-sekolah maupun di desa-desa yang selalu diundang untuk diberikan materi tentang usia ideal pernikahan yakni 21 tahun untuk wanita dan 25 bagi pria.


"Jadi kita juga sudah melakukan penandatanganan MoU dengan Kemenag Sultra mengenai program pembinaan dan penasehatan bagi calon pengantin termasuk salah satu syarat untuk menikah adalah sudah mendapatkan konseling dari BKKBN setempat," imbuhnya. (Rey).

comments