-->

Malam ini Toja Una-Una Gelap Gulita Pasca Gempa, Warga Mengungsi

On Senin, Juli 26, 2021

MASALEMBO.COM

Ilustarasi gempa 


AMPANA, MASALEMBO.COM - Gempa berkekuatan 6,5 magnitodo mengguncang Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah, Senin, 26 Juli 2021 pukul 20:09:07 WITA. Titik gempa berada di wilayah Teluk Tomini, merupakan gempa tektonik. 

Informasi BMKG menunjukkan episenter gempa terletak pada koordinat 0,77° LS; 121,95° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 58 km arah Timur Laut Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km. 

Jenis dan mekanisme gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, merupakan jenis gempabumi dangkal. 

"Gempa akibat adanya deformasi karena sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan normal (normal fault)," demikian keterangan Bambang Setiyo Prayitno, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG.

Dampak Gempabumi

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah V-VI MMI, meliputi Ampana, Luwuk, Poso dan Morowali. Goncangan dirasakan oleh semua penduduk, yang kebanyakan terkejut dan lari keluar rumah. Sementara getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak di wilayah-wilayah III-IV MMI dekat Kabupaten Tuja Una-Una, seperti Bolmong Selatan, Bolmong Timur, Kotamobagu, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Buol, Bone Bolango, Pohuwato. 

Untuk Tomohon, Manado, Ratahan, Bobong, Konawe Utara, Kolaka Utara, dan Masamba, pada II-III MMI, artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Begitu juga terasa getaran seakan akan truk berlalu di Mamuju Tengah, dan Polewali pada II MMI yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Namun informasi yang dilansir RRI Palu, saat ini warga masyarakat Ampana telah berlarin menuju ke ketinggian. Mereka takut akan terjadinya gelombang tsunami.

"Saat ini warga Ampana mengular bagaiakan pawai takbiran. Mereka menuju ke arah kantor bupati, menuju ke ketinggian," kata Wati, seorang warga Ampana via RRI Palu.

Keterangan BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hingga malam ini lampu listrik masih padam di kota Ampana, pusat Kabupaten Toja Una-Una. Sementara jaringan seluler masih sangat terbatas. (Hr/Red)

comments