-->

Salat Idul Adha 1442 Hijriah, Meneladani Kisah Perjalanan Nabi Ibrahim di Tengah Pandemi

On Selasa, Juli 20, 2021

MASALEMBO.COM


Enrekang, Masalembo.com - Jamaah Masjid Taqwa Muhammadiyah Enrekang menggelar Salat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 Hijriyah, Selasa (20/07/2021). 

Bertindak selaku pembacaan Kaitiyat atau tata cara pelaksanaan Salat Idul Adha adalah Drs Mardan, sekaligus imam salat. Sedang khatib adalah Ustad Ahmad Dahlan. 

Salat Idul Adha dimulai pukul 07.00 Wita dan selesai pada pukul 07.30. Tampak jemaah menerapkan protokol kesehatan. Mereka menjaga jarak dan menggunakan masker.

Dalam penyampaiannya Khatib Ustad Ahmad Dahlan yang juga merupakan Dosen Universitas Muhammadiyah Enrekang mengatakan, bahwa kisah Nabi Ibrahim as di dalam QS Ash-Shoffat:102 mengajarkan kepada kita bahwa di dalam berqurban harus ada kepasrahan serta keikhlasan dalam diri. "Tidak hanya itu, esensi dari berqurban sejatinya adalah membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan," ungkapnya. 

Dia menambahkan, meyebarkan kebaikan dengan cara kurban dan semoga pengamalan ini bukan hanya pada pelaksanaan hari ini saja tetapi kita bisa menerapkan di masa-masa yang akan datang.

"Apalagi di masa pandemi covid 19 ini begitu bnyak saudara-saudara kita yang terkena dampak covid 19 pada bidang ekonomi. Maka perayaan idul qurban seharusnya mengajarkan kepada kita bahwa sekalipun di luar bulan Dzulhijjah kita tetap bekurban," ujarnya. 

Ahmad Dahlan berharap semangat berqurban selalu ada dalam diri kita untuk membantu saudara-saudara yang sedang membutuhkan pertolongan. (El)

comments