-->

Dengan Aplikasi "PAMEKANG" Nelayan Dapat Deteksi Keberadaan Ikan Melalui Smartphone

On Senin, Agustus 02, 2021

MASALEMBO.COM

Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Mateng, I Made Kardiana [Foto: Samsul Bahri/Masalembo.com]


MATENG, MASALEMBO.COM - Melalui Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mamuju Tengah luncurkan media informasi penangkapan ikan atau aplikasi "PAMEKANG".

Aplikasi PAMEKANG ini merupakan media efektif bagi para nelayan, dimana aplikasi ini dapat mengetahui keberadaan ikan di lautan hanya dengan melalui smartphone.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Perikanan Tangkap, I Made Kardiana saat ditemui dibuang kerjanya, Senin (02/7).

Ia mengatakan, aplikasi ini untuk mempermudah para nelayan untuk menangkap ikan.

"Jadi, dengan aplikasi ini, para nelayan tidak lagi mencari ikan, tapi langsung menangkap ikan, karena keberadaan ikan sudah diketahui sebelumnya melalui aplikasi ini," katanya

Selain mempermudah nelayan untuk menangkap ikan, biaya operasional seperti bahan bakar dapat diminimalisir, sebab nelayan sudah tidak keliling lagi untuk mencari ikan.

"Dalam aplikasi tersebut juga terhubung dengan BMKG, jadi melalui aplikasi tersebut, nelayan dapat mengetahui kondisi cuaca sebelum melaut," terangnya

Ia katakan, didalam aplikasi ini juga terhubung dengan marketplace, nelayan langsung bisa menjual dan mempromosikan hasil tangkapan didalam aplikasi tersebut.

Ia berharap, dengan adanya aplikasi ini dapat mengangkat taraf hidup masyarakat nelayan. Selain itu ia berharap aplikasi tersebut menjadi sumber PAD karena dalam fitur aplikasi terdapat pemasangan iklan bagi pengusaha yang ingin memasang iklan.

Untuk diketahui, aplikasi tersebut sementara dalam proses untuk dapat didownload melalui Playstore, dan saat ini hanya bisa didownload melalui https://pamekang.my.id/ (Sam/Red)

comments