-->

Kader SKPP Bawaslu Kota Baubau Siap Mengawasi Pemilu 2024

On Sabtu, Agustus 28, 2021

MASALEMBO.COM


BAUBAU, MASALEMBO.COM - Melalui program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar yang diadakan oleh Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) di Kota Baubau, 30 kader pengawas partisipatif Kota Baubau dibentuk untuk berperan mengawasi penyelenggaraan pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kota Baubau, Azan menjelaskan, SKPP merupakan program unggulan bawaslu dan masuk sebagai program prioritas nasional yang bertujuan untuk membumikan nilai-nilai pengawasan dengan mengajak masyarakat terlibat dalam pengawasan pemilu secara partisipatif.

SKPP juga sebagai sarana berbagi pengetahuan dan keterampilan tentang partisipasi masyarakat dengan harapan gerakan bersama bawaslu dan masyarakat dapat menciptakan proses pemilu yang berintegritas.

"Jadi, kader SKPP dibentuk untuk mengawal jalannya demokrasi pemilu yang berintegritas dan juga memiliki peran mengajak masyarakat ikut mengawasi bersama bawaslu mencegah kecurangan politik, seperti politik uang, politik sara, ujaran kebencian, hoax serta mereka juga siap melaporkan jika adanya temuan pelanggaran sesuai peraturan," ungkap Azan, Jum'at (27/08/2021).

Azan berharap seluruh kader pengawas partisipatif yang terdiri dari mahasiswa, kelompok masyarakat maupun wartawan dapat berperan secara sukarela melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi di lingkungan masyarakat terkait pemilu.

"Salah satu kunci kesuksesan pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil adalah atas partisipasi keterlibatan masyarakat untuk berperan mengawasi jalannya demokrasi," pungkasnya.

Sementara itu, peserta terbaik SKPP Kota Baubau, Ahmad Subarjo mengukapkan program Bawaslu RI  sangat bermanfaat kepada masyarakat. Sebab pendidikan SKPP memberikan ilmu bermanfaat tentang pengetahuan penyelengaraan pemilu dan membangun kesadaran masyarakat ikut terlibat mengawasi jalannya demokrasi yang baik dan benar seperti yang diinginkan.

"Ilmu yang kami dapat sebagai peserta SKPP akan kami implementasikan dilingkungan masyarakat khususnys di Kota Baubau. Sebagai kader pengawas yang telah dibentuk, tentunya kami siap berkontribusi mengawasi dan menyukseskan pemilu 2024 mendatang," jelasnya.

Untuk diketahui, Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di Kota Baubau diikuti peserta dari tiga wilayah cakupan yaitu Kota Baubau, Kabupaten Buton dan Buton Selatan.

Penulis: Muhammad Al Rajap

comments