-->

Tangkal Covid-19, Mandi Laut dan Jalan Sehat Jadi Pilihan Warga Majene

On Sabtu, Agustus 14, 2021

MASALEMBO.COM


MAJENE, MASALEMBO.COM - Akhir-akhir ini, khususnya di Kabupaten Majene menjadi trend tersendiri bagi masyarakat melakukan jalan santai dan mandi laut akhir pekan atau biasa disingkat Jasman

Hal ini diyakini dapat meningkatkan ketahanan dan imunitas tubuh untuk melawan virus Covid-19.

Menurut Syahrir warga Majene yang rutin melakukan kegiatan jalan sehat dan mandi laut, akhir pekan sebagai bentuk kesadaran untuk tetap menjaga ketahanan tubuh di masa pandemi.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 32 tabun 2021, Majene merupakan salah satu kabupaten dengan penerapan level 3 diakibatkan angka positif Covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan.

"Jalan sehat kita keliling perbukitan di Majene, kemudian dilanjutkan mandi laut" kata Syahrir juga mantan pegawai Kecamatan Malunda.

Serupa disampaikan oleh Farhanuddin yang juga ikut jalan sehat dan mandi laut akhir pekan. Ia mengatakan tubuhya merasa segar, peredaran darah terasa lancar setelah berjalan kaki lebih sejam dan dilanjutkan berenang di laut.

"Tubuh terasa lebih segar, kami berharap imunitas tubuh lebih meningkat"  kata Farhan kepada Masalembo.com usai mandi laut di Pantai Pelabuhan Pangali-Ali, Kelurahan Pangali-Ali, Kecamatan Banggae Timur, Majene, Sabtu (14/8/2021).

Di pantai pelabuhan Majene tiap pagi dan sore terutama di akhir pekan ramai warga berendam dan berenang di laut. Bahkan untuk di atas pukul 09 pagi, mayoritas diikuti orang tua yang berusia rata- rata 60 tahun keatas.

"Berenang ini membantu menjaga kesehatan paru-paru, " kata warga lainnya Herman Cucu' yang sudah berusia lebih 70 tahun.

Warga yang ramai mandi laut di pantai pelabuhan Majene meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah ke laut.

"Pemerintah Majene harusnya menyiapkan penampungan sampah di sepanjang permukiman di pesisir Majene agar tidak ada lagi sampah yang dibuang ke laut," kata Ari, warga yang juga sering mandi laut.

Dikonfirmasi secara terpisah, dr Yupie juga Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RUSUD) Kabupaten Majene membenarkan hal tersebut. 

Ia menjelaskan berjalan kaki 30 - 60 menit dengan udara yang bersih dan segar dapat mencegah depresi sehingga memicu hormon endorfin yang diproduksi sistem saraf dan kelenjar hipofisis yang akan menghasilkan kebahagiaan melalui pikiran tenang dan selalu berfikir positif. Tentu hal ini akan membuat tubuh lebih sehat.

"Tentu saja dalam kondisi bahagia, berfikir positif tidak stress serta tidak depresi akan meningkatkan kondisi tubuh menjadi lebih sehat," jelas dr Yupie.

Sedangkan untuk berendam dalam air laut, salah satu manfaatnya, dapat meningkatkan jumlah sel darah merah antara 5 - 20 persen dan jumlah sel darah putih juga meningkat lebih banyak, ini akan memicu meningkatnya sistem kekebalan tubuh.

Ia pun mengingatkan warga Majene agar dalam semua aktivitas tetap memperhatikan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

"Jaga 3 pintu masuk virus, mulut, mata, hidung, dan tangan sebagai perantara penularan," tambahnya. (Wan/Red)

comments